Satgas Covid-19 Sumut Siap Tes Swab 67 Tahanan Inkrah

Kamis, 26 November 2020 | 20:28 WIB
Medan, MPOL : Satgas Covid-19 Sumut siap menswab 67 tahanan inkrah yang saat ini berada di RTP Polda Sumut.

“Kalau ada  perintah,kita siap melakukan swab.Apalagi 67 tahanan tersebut sudah inkrah( berkekuatan hukim tetap) dan harus menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (LP),” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit menjawab pertanyaan MPOL,Kamis(26/11).

Alwi Mujahit belum bisa memastikan kapan 67 tahanan yang sudah inkrah tersebut menjalani swab.Sebab surat Direktur Direktorat Tahti Kepolisian Daerah (Polda) Sumut tentang pemberitahuan tahanan yang bakal menjalani swab belum diterima.

”Surat itu belum saya terima.Oke nanti saya cek dulu,”kata Alwi sembari menjanjikan 67 tahanan inkrah tersebut bakal menjalani swab yang ditanggung Satgas Covid-19 Sumut.

Alwi mengakui,Satgas Covid-19 menyanggupi akan melakukan swab terhadap tahanan tyang inkrah namun masih berada di RTP Poldasu dan jajarannya.

”Kesanggupan Satgas tersebut hasil Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Ombudsman RI Perwakilan Sumut,Poldasu,Kejati Sumut dan Kemenkum HAM Sumut dan Satgas Covid-19,12 November 2020 di rumah dinas Gubsu

Terpisah Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut,Drs Abyadi Siregar mengakui telah menerima 67 nama-nama tahanan berstatus inkrah yang masih berada di Rumah Tahanan Polisi (RTP) yang over kapasitas dari Direktur Direktorat Tahti Kepolisian Daerah (Polda) Sumut pada Rabu (25/11). Mereka akan menjalani tes swab sebelum dipindahkan ke lembaga pemasyarakatan.

Ombudsman RI Perwakilan Sumut meminta agar Satgas COVID-19 Sumut segera melakukan tes swab kepada seluruh tahanan inkrah  tersebut.

”Saya akan kirim surat atau menelepon Satgas Covid-19 agar 67 tahanan inkrah tersebut  segera diswab sebelum mereka menjalani hukuman di LP,”ujar Abyadi Siregar.

Sebelumnya, surat Ombudsman RI Perwakilan Sumut dengan nomor B/0907/PC.01.01-02/XI/2020 tanggal 17 November 2020, perihal Koordinasi Penanganan Kelebihan Tahanan di RTP Wilayah Kerja Kepolisian Daerah Sumut, meminta agar Polda Sumut segera mengirim nama-nama tahanan berstatus A-3 dan tahanan yang telah memperoleh putusan pengadilan (inkrah) yang saat ini masih ditahan di RTP Poldasu.

Permintaan Ombudsman ini sebagai tindak-lanjut hasil kajian Ombudsman RI Perwakilan Sumut (rapid assesment-RA) tentang hak-hak tersangka dan terpidana pasca terbitnya Surat Menkumham yang menolak penerimaan pengiriman tahanan dari penyidik (kepolisian), dalam rangka penghentian penyebaran virus Covid-19.

Kemudian, Ombudsman juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan Polda Sumut, Kanwil Kemenkumham, Kejati Sumut dan Satgas COVID-19 dalam rangka membahas persoalan kelebihan kapasitas di RTP kepolisian tersebut.

“Hasilnya, Satgas COVID-19 Sumut siap melakukan tes swab kepada seluruh tahanan inkrah yang ditahan di RTP kepolisian sehingga bisa dikirim ke LP,” katanya.

Berbahaya

Abyadi Siregar mengakui sempat meninjau tahanan di RTP Polrestabes Medan dan Polsek-Polsek beberapa hari lalu dan ditemukan overkapasitas tahanan.”Mereka saling berdesakan didalam ruangan yang bau dan pengap.Itu tentu  mengancam kesehatan para tahanan,”ujarnya

Menurut dia,jika overkapasitas itu terus dibiarkan sangat berbahaya bagi penyebaran Covid-19.Apalagi masuknya tahanan baru kedalam RTP tanpa swab terlebih dahulu.

Karena itu,Abyadi berharap Poldasu bisa berkoordiansi dengan Pemprovsu,Satgas Covid-19 untuk melakukan tes swab bagi tahanan baru yang bakal masuk ke RTP yang didalamnya sudah overkapasitas. ***