RSU Eshmun Berpartisipasi Berikan Vaksin Kepada Masyarakat

Rabu, 15 September 2021 | 19:29 WIB

Medan, MPOL- Pemerintah terus mengejar target vaksinasi Covid- 19 sebanyak satu juta dosis per hari. Salah satu caranya dengan membuka layanan vaksinasi pada semua fasilitas milik Kementerian Kesehatan bagi semua orang tanpa memandang domisilinya.

Ditambah lagi, adanya Surat Edaran dari Kemenkes nomor HK.02.02.I/1669/2021 yang ditandatangani pada Kamis, 24 Juni 2021 lalu dan program vaksinasi tanpa syarat domisili ini berlaku sejak edaran ditanda tangani.

Dalam Surat Edaran Kemenkes itu dinyatakan untuk percepatan vaksinasi Covid-19 dapat dilakukan melalui pos pelayanan vaksinasi dan bekerjasama dengan TNI, Polri, Organisasi masyarakat, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Vertikal Kementerian Kesehatan seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), RS Vertikal, Poltekkes serta peran aktif dunia usaha.

Dalam hal ini, RSU Eshmun yang terletak di Jalan Marelan Raya Kel. Tanah 600 Kec. Medan Marelan. Kota Medan, Sumatera Utara juga turut berpartisipasi melaksanakan Vaksinasi Covid 19 dengan menyediakan 300 dosis vaksin perminggu untuk melayani masyarakat untuk mendapatkan kekebalan Komunal (Herd Immunity).

Direktur RSU Eshmun, dr. Rudy saat dikonfirmasi disela-sela pelaksanan pelayanan Vaksin kepada masyarakat, Rabu (15/9/2021) pukul 14.00 WIB mengatakan Vaksin ini diperuntukkan untuk semua orang tidak terbatas untuk satu cakupan wilayah saja yang penting dia memenuhi persyaratan kesehatan, sistem pelayanannya setiap hari kita batasi 100 orang peserta vaksin agar tidak membludak dan tetap menerapkan prokes.

“Kita (RSU Eshmun) turut melaksanakan Vaksin untuk masyarakat sejak bulan Maret 2021 lalu, namun sempat kita mengalami kekurangnya stok vaksin dan pada minggu lalu kita mendapat berita dari dinkes agar kita setiap rumah sakit membuat target melayani vaskin setiap minggunya,” ucap dr. Rudy.

Katanya, kita dari RSU Eshmun dengan pertimbangan tenaga yang ada maka kita menyangupi 300 dosis Vaksin untuk setiap minggunya, mudah-mudahan semua berjalan dengan baik dan stok vaksin dari dinkes juga aman dan lancar.

“Untuk pelayanan Vaksinasi ini kita ada PIC dengan nomor kontak 0895-1329-9619 agar dapat kita data dahulu sebelum pelaksanaan Vaksin, nanti petugas kita inilah yang mendata nama dan menghubungi warga yang akan divaksin,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Samuel Panjaitan mengaku sulit untuk mendapat pelayanan Vaksin I selama ini, “saya sudah mulai bulan April 2021 lalu mencari untuk mendapatkan Vaksin I tapi tidak pernah dapat dan baru hari ini saya dapat suntikan Vaksin I, maka itu saya ucapkan terimah kasih kepada RSU Eshmun yang telah turut serta melaksanakan Vaksinasi Covid 19 kepada masyarakat khususnya kepada warga yang belum mendapat Vaksin I ” pungkas Samuel yang mengaku berstatus Mahasiswa tersebut. (Top)