Reses Manimpan Tobing Sosialisasikan Bahaya Covid-19

Jumat, 15 Mei 2020 | 15:49 WIB

 

Taput MPOL.Com: Reses anggota DPRDSU Ir. Tangkas Manimpan Lumbantobing di Dapil IX Sumut yang dipusatkan di kampung kelahirannya Saitnihuta Desa Hutatoruan I Kecamatan Tarutung fokus sosialisasikan bahaya Covid-19 kepada masyarakat.
Anggota Komisi D yang membidangi pembangunan dan Insfratruktur itu turun langsung ke masyarakat bukan membahas pembangunan, justrus membahas penanganan Covid-19. “Seharusnya dalam reses saya selama 6 hari (10-15 Mei) di Dapil IX untuk menampung aspirasi masyarakat guna disalurkan dalam Pokok Pikiran (Pokir)  untuk dibahas di komisi D,” ucap Manimpan Tobing saat reses di Desa Hutatoruan I, IV dan Parbubu Pea Kecamatan Tarutung, (14/5).
Lebih enak kita ngomongin Corona, kalau fisik nanti melalui Kepala Desa (Kades) dan Camat bisa mengajukan permohonan kepada saya pembangunan apa saja yang diperlukan. Sekarang, bagaimana masyarakat harus lebih memahami dampak penularan Corona dan bagaimana cara mengatasinya.
Setiap warga harus menjalankan himbauan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus ini. Itu paling utama. Memang saya ini bukan seorang dokter atau petugas medis yang lebih memahami Virus Corona. Saya seorang insinyur yang akan mengajak konstituen saya untuk tidak kaku dan harus fleksibel.
Dengan menjalankan aturan, wajib pakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak, tingkatkan imun tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi, rajin olahraga, tidur teratur dan stay at home menjadi obat mujarab untuk kita tidak bisa tertular akan virus itu.
Kata Manimpan, itu pengalaman dari teman saya positif Corona yang dirawat di salah satu  rumah sakit rujukan di Medan. Mereka mengatakan, karena belum ada vaksin untuk menyembuhkan pasien Corona, mereka hanya diberi asupan makanan yang bernutrisi tinggi dan ber vitamin c. “Untuk itulah, agar kita benar-benar menjalankan aturan dan himbauan pemerintah. Dan jangan sampai banyak pikiran. Kalau kita banyak pikiran, imun tubuh kita akan menurun,” terang titm Monitoring Corona Sumut itu.
Moment reses Manimpan Tobing dengan memberi tali asih berupa Sembako dan masker terhadap warga dipantau Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Covid-19 Taput. “Kami sangat apresiasi kegiatan reses anggota DPRDSU Manimpan Tobing yang sudah sesuai dengan anjuran protokoler kesehatan Covid-19,” ujar Kasat Satpol PP Rudi Sitorus.
Kendor
Pada kesempatan itu juga, Manimpan Tobing menilai pengawasan di setiap posko-posko Covid-19 sudah mulai kendor. Seharusnya, gugus tugas covid-19 harus terus melakukan monitoring ke setiap posko. Baik itu posko perbatasan dan posko desa.
Ambulance Keliling
Manimpan juga berharap agar Pemkab Taput melalui Puskesmas agar mengoperasikan Ambulance minimal sekali seminggu keliling. “Banyak nilai positifnya bila Ambulance keliling di setiap Kecamatan. Gerak cepat akan teratasi bila ada warga yang terpapar dengan virus Corona,” ucapnya. *