Puskesmas Setia Janji Lakukan Tes Swab Massal Covid-19

Selasa, 24 November 2020 | 20:01 WIB

 

Kisaran, MPOL : Menindaklanjuti surat dari Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Provinsi Sumut Nomor 443.1/18476/Dinkes/X/2020 perihal pelaksanaan Swab rutin Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) dan hasil koordinasi dengan Bidang P2P Dinkes Asahan, kini Pemkab Asahan melakukan tes Swab disetiap Puskesmas yang ada di kecamatan. Salah satunya di kecamatan Setia Janji Kabupaten Asahan, Rabu (25/11/2020) melakukan tes Swab secara massal kepada masyarakat.
Camat Setia Janji Muliadong,SH saat dikonfirmasi via selular, Selasa (24/11/2020) membenarkan akan dilakukannya uji Swab covid 19 pada Rabu, dipusatkan di balai Desa Sei Silau Barat. “Saya atasnama pemerintahan kecamatan Setia Janji sangat mengapresiasi program yang dilakukan pemerintah pusat hingga kedaerah.Tes Swab ini terutama dilakukan terhadap bagian pelayanan pemerintah,perangkat desa mulai dari Kepala Dusun,Kepala Desa,KPMD, LPM, BPD  hingga ke bagian pelayanan tingkat kecamatan. Sedikitnya ada 114 orang bagian pelayan dikecamatan Setia Janji akan dilakukan test Swab.
Kafis Kesehatan Asahan melalui Kepala Puskesmas (Kapus) Setia Janji H.Purwanto Siddik,S.Kep,Ns menuturkan bahwa Pemkab Asahan melaui Dinas Kesehatan secara bersama-sama terus berupaya menjadikan Asahan bebas kasus covid 19 seperti halnya dikecamatan Setia Janji.
Hal ini kita lakukan guna menindaklanjuti surat dari Kadis Kesehatan Provinsi Sumut Nomor 443.1/18476/Dinkes/X/2020 perihal pelaksanaan Swab rutin Covid 19 dan hasil koordinasi dengan Bidang P2P Dinkes Asahan.Maka untuk itu diharuskan melakukan pelaksanaan penelusuran kontak (tracing) dari kasus konfirmasi yang dilanjutkan dengan pengambilan Swab. Target pengambilan swab sebesar 1% dari polulasi penduduk.Kata H.Sidik.
Hal ini,kata H.Sidik seperti yang kita lakukan di Kabupaten Asahan dengan jumlah penduduk 718.718 jiwa dengan target Swab (1%) untuk 7.187 jiwa dan mencapai target Swab per hari 85 jiwa.Kemudian diperintahkan disetiap puskesmas yang ada di Asahan melalui Kapus untuk memfasilitasi kunjungan Tim Swab Dinkes Kabupaten Asahan ke masing-masing kecamatan dalam rangka pencapaian target ini.
“Selanjutnya guna menindaklanjuti info dan arahan sebelumnya yang disampaikan oleh Kabid Yankes,bahwa pelaksanaan Swab ini dimaksud dengan sasaran kepada tenaga kesehatan(Nakes),kontak erat,terkait kasus konfirmasi dan suspeck dan aparat pemerintahan dan keamanan serta masyarakat umum.”Papar H.Sidik.
H.Sidik juga menuturkan bahwa pelaksanaan kegiatan test Swab dilaksanakan di masing-masing Puskesmas.Untuk waktu pelaksanaan akan kita susun dan sepakati.
Masing-masing Puskesmas menyertakan minimal 3 atau 4 orang stafnya untuk membantu kegiatan tersebut yg bertugas sebagai tenaga administrasi dan petugas Swab.Dan ada beberapa bahan habis pakai yang juga kami harapkan dipersiapkan di Puskesmas seperti lembar PE, Kertas Stiker, Plastik Jalok dan APD masing-masinh Nakes Puskesmas yg menjadi petugas.
Terakhir kasus konfirmasi covid 19 dikecamatan Setia Janji,menurut Kapus Setia Janji H. Sidik Purwanto di bulan Agustus hingga November tercatat nol kasus.Untuk itu kita harapankan dengan pelaksanaan kegiatan pemeriksaan Swab massal ini semakin cepat terdeteksi kasus maka semakin baik untuk segera ditindaklanjuti dan pencegahan penyebaran lebih dini segera dilakukan.Tetap berharap di kecamatan tidak ada peningkatan kasus
dan masyarakat jadi lebih sadar dan perduli mematuhi protokol kesehatan dan segera memeriksakan diri apabila merasa ada keluhan yang mengarah ke gejala covid-19.Sebut H.Purwanto Sidik mengakhiri pembicaraan saat dikonfirmasi. **: