PDAM Tirtanadi Sumut Terapkan Protokol Kesehatan Guna Cegah Penyebaran Covid – 19

Jumat, 23 Oktober 2020 | 12:00 WIB
“PDAM Tirtanadi tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan arahan dari Gugus Tugas Covid-19,” demikian dikatakan Muhammad Adenin Ginting, Kepala Bidang (Kabid) Publikasi dan Komunikasi PDAM Tirtanadi Sumut.
Kabid Publikasi dan Komunikasi PDAM Tirtanadi Sumut M. Adenin Ginting. (Foto: Marini Rizka)
Manajemen Tirtanadi sudah mulai memperketat protokol kesehatan pada setiap pengunjung yang masuk, baik itu pegawai atau tamu. Pada tahap pertama di pintu masuk, pengunjung diharuskan memakai masker kemudian melewati box sterilisasi dan kemudian dicek suhu tubuh yang merupakan standar penerapan protokol kesehatan Covid-19.
“Dalam satu bulan sekali melakukan penyemprotan disinfectan untuk menjaga agar tidak berkembangnya virus Covid-19 tersebut,” jelas Adenin.
Seluruh pegawai PDAM Tirtanadi Sumut wajib melakukan pemeriksaan kesehatan melalui Rapid Test. Apabila setelah Rapid Test hasilnya Reaktif maka pemeriksaannya ditingkatkan ke Swab Test. Apabila hasilnya terdeteksi atau positif, maka untuk sementara pegawai yang terkena Covid-19 diistirahatkan untuk menjalani karantina untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.
“Di saat yang bersamaan apabila salah satu pegawai positif Covid-19, maka akan dilakukan penyemprotan di unit kerja tersebut untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tambah Adenin Ginting lagi.
Untuk menghindari terjadinya kontak fisik secara langsung, PDAM Tirtanadi menerapkan sistem absensi Android yang dinamakan Work Order. Artinya pegawai tidak menggunakan finger print tetapi menggunakan WiFi kantor untuk absensi.
“Sejauh ini kita tetap berkordinasi ke Gugus Tugas Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk menerapkan protocol kesehatan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tutupnya. (MRH)