Pasien Covid 19 Positif Bertambah Jadi 9 Kasus, ODP di Sumut 1.974 Orang

Kamis, 26 Maret 2020 | 01:33 WIB

Medan – Masyarakat perlu waspada, saat ini pasien Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumatera Utara (Sumut) terkait virus Corona (Covid 19) tembus di 1.976 orang. Sementara pasien positif Corona bertambah menjadi 9 kasus.

“Hingga Rabu sore (25/3) tercatat 1.976 ODP di Sumut, meningkat dari sebelumnya 1.391 kasus. Sementara Pasien Dalam Pemantauan (PDP) sebanyak 55 orang,” kata Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Provinsi Sumut, Riadil Akhir Lubis.

Riadil belakangan ini hanya sendirian ketika memaparkan data terbaru tersebut. Dia tanpa ditemani Kadis Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan, seperti biasanya dalam update Covid 19 secara live streaming via Youtube resmi Humas Sumut.

Dia menekankan pentingnya menjaga jarak. Riadil juga mengungkapkan, sebagian rumah sakit di Sumut telah disiapkan menjadi rujukan pasien Corona. “Untuk pasien sembuh sebanyak 3 orang dan sudah dipulangkan. Kemudian, pasien PDP kita hingga sore ini dari semua Kabupaten/kota di Sumut berjumlah 55 orang. Mereka dirawat di 24 rumah sakit di Sumut,” kata Riadil.

Riadil lalu mengungkapkan sebanyak 6 pasien Corona negatif masih dirawat dan 9 pasien positif Corona dengan rincian 1 pasien meninggal dunia dan 8 orang masih dirawat di RSUP Adam Malik.

“Jadi hari ini bertambah satu orang positif menjadi 9 orang. Kita berdoa bersama pasien positif ini bisa sembuh. Perlu diketahui bersama bahwa pasien PDP belum tentu positif Covid 19. Karena masih menunggu hasil uji laboratorium,” ujarnya.

Kepada pasien ODP, lanjutnya, agar melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing dan tidak keluar rumah. Dia juga mengatakan, sebanyak 2.500 alat pengaman diri (APD) sudah sampai di Sumut dan sudah langsung disalurkan ke berbagai rumah sakit dan kabupaten/kota.

“Rapid test juga belum tiba sampai saat ini. Kita berharap adanya peran pelaku usaha di Sumut untuk bantuan rapid test ini. Kita akan tunggu dan akan kita terima. Mohon jika ada yang membantu,” jelasnya.

Riadil juga mengatakan sedang mempersiapkan dan finalisasi, sebagai rumah sakit utama rujukan diantaranya GL Tobing atau PTPN 2 di Tanjung Morawa, kemudian RS Martha Friska 1 dan Martha Friska 2. Selain itu, ada juga wisma atlet yang berlokasi di Jalan Pancing juga sedang disiapkan dan dalam waktu dekat akan berfungsi. (Rh)