Murni Teguh Hospital dan Elekta Indonesia Kerjasama Pengobatan Kanker : Deteksi Dini Awal Hindari Kanker

Sabtu, 10 Desember 2022 | 12:46 WIB

Medan, MPOL; Menurut WHO, kanker adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, menurut Profil Kesehatan Indonesia 2021, total kasus kanker mencapai 2.595.520. Salah satu penanganan kanker adalah radiotheraphy/radioterapi.

Kini, telah hadir pusat onkologi dengan fasilitas radioterapi teknologi terkini untuk pengobatan kanker di Indonesia melalui kolaborasi strategis antara Murni Teguh Hospitals & Elekta Indonesia.

Penandatangan dokumen kerjasama ini dilakukan Presiden Direktur PT Murni Sadar Tbk (MTMH), Dr. dr. Mutiara, MHA, MKT dan Elekta Senior Vice President Asia Pacific Japan, Marco Lee dan disaksikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Medan, dr. Surya Syahputra Pulungan, M.Kes

Terapi radiasi adalah pengobatan kanker yang menggunakan energi bertarget dosis tinggi untuk membunuh sel kanker dan mengecilkan tumor.

Terapi radiasi paling sering menggunakan sinar-X maupun radioaktif serta partikel berenergi tinggi lainnya. Jenis utama radioterapi adalah external beam radiation therapy (EBT) dan internal radiation therapy (brachytherapy).

Teknologi terkini dari external beam radiation therapy (EBT) dan internal radiation therapy (brachytherapy) ada pada tehnik yang sangat lengkap, dari teknik sederhana sampai kompleks untuk menangani kasus kanker agar mendapatkan hasil yang lebih akurat dan presesi dalam membunuh sel kanker dengan minimum dosis di organ at risk sehingga meminimalisir adanya efek samping jangka pendek atau pun jangka panjang.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Medan, dr. Surya Syahputra Pulungan,M.Kes dalam sambutannya mengatakan Kanker merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar di Indonesia dan menjadi penyebab kematian tertinggi kedua setelah penyakit kardiovaskuler.

Pada 2019, angka kejadian penyakit kanker di Indonesia berada pada urutan 8 se-Asia Tenggara. Padahal, 43% kematian akibat kanker tidak akan terjadi apabila pasien rutin melakukan deteksi dini dan menghindari faktor risiko penyebab kanker.

Saat ini, teknologi semakin berkembang pesat, terutama terkait penanganan kanker.

Hari ini kita melihat terobosan baru dalam pelayanan onkologi yang penting untuk pasien kanker melalui kerja sama antara Murni Teguh Hospitals dan Elekta Indonesia.

Harapannya, dengan hadirnya teknologi terdepan dalam radioterapi, penyakit kanker dapat ditangani dengan baik sehingga meningkatkan angka kesembuhan pasien.

Kami juga berharap masyarakat tidak perlu lagi berobat ke luar negeri untuk mendapatkan perawatan yang berkualitas karena layanan terbaik sudah tersedia di Indonesia.

Presiden Direktur PT Murni Sadar Tbk (MTMH), Dr. dr. Mutiara, MHA, MKT mengatakan Murni Teguh Hospitals merupakan rumah sakit dengan keunggulan pada bidang onkologi (kanker) dan kardiovaskuler sebagai fokus utama dan saat ini tengah melakukan pengembangan di bidang radioterapi.

Ini selaras dengan program pemerintah yaitu transformasi teknologi kesehatan. Oleh karena itu, kami senantiasa mendukung pemerintah dalam hal penyediaan teknologi kesehatan terkini agar dapat memberikan pelayanan berkualitas di dalam negeri sehingga masyarakat tidak perlu keluar negeri untuk berobat kanker.

“Kami bersyukur dapat bekerja sama dengan Elekta Indonesia yang senantiasa menyediakan teknologi dan solusi kesehatan dibidang radioterapi dan juga dukungan teknis dan klinis di seluruh jaringan Murni Teguh Hospitals di seluruh Indonesia.” ujarnya.

Elekta Senior Vice President Asia Pacific Japan, Marco Lee menjelaskan sebagai pemimpin dalam bidang terapi radiasi yang presisi, visi kami adalah terwujudnya dunia yang memberikan akses terhadap perawatan kanker terbaik bagi setiap orang.

Dan untuk mencapai visi tersebut sambung dia, kami mengupayakannya melalui misi meningkatkan kualitas hidup pasien yang dilakukan secara strategis bersama mitra, seperti yang kami lakukan hari ini dengan Murni Teguh Hospitals.

Dalam menghadapi kanker, penyebaran fasilitas onkologi secara merata sangatlah penting. Kami memiliki tanggung jawab untuk mendukung dan akan melakukan bagian kami dengan memberikan solusi inovatif baru untuk perawatan kanker.

“Kami bangga dapat mendukung Murni Teguh Hospitals dalam menghadirkan fasilitas pelayanan onkologi dengan teknologi terkini untuk pengobatan kanker di Indonesia. Semoga masyarakat Indonesia dapat menggunakan layanan ini dan menjawab tantangan layanan kanker di Indonesia.” ucapnya.

Elekta hadir di Indonesia sejak Agustus 2021 untuk memberikan dukungan secara langsung dalam hal teknis dan klinis terutama dalam menghadapi tingginya angka kejadian kanker di Indonesia.

Hal ini memungkinkan Elekta untuk mendukung pasar Indonesia jauh lebih baik dengan menawarkan perawatan kanker terbaik yang tersedia bagi pasien kanker di Indonesia.

Pelayanan pusat onkologi berteknologi canggih dan terkini tersedia di seluruh jaringan Murni Teguh Hospitals yaitu di kota Medan, Jakarta, Tangerang dan Bandung. (*)