MH Expo 2022 Ungkap Seribu Warga Medan Berobat Ke Malaysia Saban Tahun

Jumat, 23 September 2022 | 00:08 WIB

Medan, MPOL-Tingginya tingkat kedatangan warga Tanah Air ke Malaysia guna berobat membuat pejabat negeri diva Siti Nurhaliza itu menggenjot promo industri medis mereka di republik ini. Nah, ajang pameran 79 rumah sakit terbaik dari ‘negeri seberang’ itu kini digelar di Medan.

“Paska Malaysia membuka pintu internasional mulai April (2022) lalu, jumlah pasien dari Indonesia terus meningkat. Tahun ini, data dari kwartal ke kwartal, jumlah pasien dari Indonesia bahkan meningkat 200 persen. Sampai bulan (September) ini, tercatat 687 ribu warga Indonesia yang berobat di Malaysia dan 40 persen dari itu tinggal di Sumatera,” jelas Mohd Daud Mohd Arif, Chief Executive Officer (CEO) Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) dalam keterangan pers, kemarin (22/9/2022), seusai membuka Malaysia Healthcare Expo 2022 di Mall Centre Point, Medan.

Sementara, khusus untuk pengidap sakit jantung, Institut Jantung Negara (IJN) di Kuala Lumpur mencatat setiap tahun ada 6 ribu Warga Negara Indonesia (WNI) yang berobat ke Malaysia. Dari jumlah itu, seribu warga diketahui berdomisili di Medan. “Jadi minat (orang Indonesia) berobat ke Malaysia memang tinggi,” kata Muhammad Hairi Hananiah, Country Manager Indonesia untuk IJN.

Begitulah. Berlangsung hingga lusa atau Minggu (25/9), MH (Malaysia Healthcare) Expo Medan merupakan kota ketiga setelah keberhasilan dua pameran sebelumnya di Jakarta dan Surabaya tahun ini.

“Selain sebagai pusat halal yang diakui secara global, ekosistem perawatan kesehatan di Malaysia telah lama menjadi negara yang pilihan ramah Muslim. Seperti rumah sakit dengan menu halal dan fasilitas shalat seperti mushala, serta produk medis bebas babi seperti jahitan dan vaksin. Itulah salah satu kedekatan Indonesia dengan Malaysia. Nah, dengan dibukanya pembatasan perjalanan, kami berharap dapat menyambut lebih banyak wisatawan kesehatan dari Indonesia untuk merasakan Malaysia Healthcare yang ‘lebih dekat, lebih terjangkau’. Karena itu, mari kita jaga kesehatan, tapi kalau ingin perawatan pikirkanlah Malaysia. Dapatkan harga-harga menarik di sini,” imbuh Mohd Daud. MHTC, lembaga yang dinakhodai Mohd Daud, adalah perpanjangan tangan pemerintah Malaysia yang khusus mengatur pengembangan industri perawatan kesehatan.

Aiyub Omar, Konsul Jeneral Malaysia di Medan, menimpali. Menurutnya, MH Expo membidik warga Indonesia golongan ekonomi menengah ke atas. “Dari sekira 273 juta penduduk Indonesia, ada 50 juta warga yang golongan menengah. Jadi target kita setidaknya mengembalikan seperti tingkat kedatangan warga Indonnesia ke rumah sakit di Malaysia sepanjang 2011 sampai 2019 atau sebelum pandemic Covid-19. Malaysia memiliki 200-an rumah sakit, tapi di ajang ini kita khusus menghadir 79 rumah sakit yang terbaik dari total jumlah itu,” kata Aiyub, juga ditemui di sela keramaian ajang MH Expo Medan.

Dipadu paket pariwisata, MH Expo Medan diketahui menawarkan berbagai paket perawatan kesehatan yang menarik dari 79 penyedia layanan kesehatan terkemuka di Malaysia. Itu di antara termasuk bidang perawatan khusus kesuburan (IVF/Bayi Tabung), Kardiologi, Onkologi, Ortopedi, Hepatitis C dan medical check-up.

Pengunjung dapat bertemu langsung dengan pewakilan rumah sakit dari Malaysia yang menawarkan berbagai macam prom menarik, seperti potongan harga perawatan hingga buy one get one paket medical check-up. Pengunjung juga dapat berpartisipasi dalam sejumlah kegiatan ajang itu dan berkesempatan memenangkan hadiah bernilai jutaan rupiah. Selain itu, sebuah rumah sakit juga ditemukan menawarkan diskon 50 persen harga tiket pesawat pasien dari negeri ini. So… (*)

Laporan : Ahmad FM & Hendro Budiman