MD KAHMI Medan Adakan Gebyar Muharram dan Webinar Kesenian Islam

Selasa, 7 September 2021 | 17:39 WIB

Medan, MPOL – Majelis Daerah (MD) KAHMI Medan mengadakan Webinar Kesenian Islam dengantema “PeranKesenian Islam dalamMengatasi Stress UntukMeningkatkanImunitas di Masa Pandemi Covid-19”. Webinar inidiadakan pada hariMinggu (05/09). Webinar iniinisiasi oleh BidangPengembanganSeni dan Budaya Islam MD Kahmi Medan yang diketuai oleh Prof. Pujiati, M.Soc, Sc, Ph.D yang juga menjadi pembicara pada Webinar kali ini.

Webinar ini sangat disupport oleh Ketua Umum MD KAHMI Medan, Dr.dr. H. Delyuzar, M.Ked (PA), Sp.PA (K) yang memberikan kata sambutan pada webinar kali ini. Pada sambutannyabeliaumenyatakanbahwakegiataninisangatbaik, apalagi ditengah-tengah Pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia khususnya di Kota Medan, tingkat stress masyarakat harus dibarengi dengan hal-hal yang meningkatkan imun yaitu salah satunya seni.

Selain Prof. Pujiati, M.Soc, Sc, Ph.D, yang berbicara mengenai “Peran Kesenian Islam dalam Mengatasi Stress untuk Meningkatkan Imunitas di Masa Pandemi Covid-19” ada 3 pembicara di acara Webinar kali iniyaitu Prof. Dr.dr.Delfitri Munir, Sp THT (KL), (Guru Besar USU) yang berbicara mengenai “Peran Musik Religi dalam Meningkatkan Imunitas di Era Pandemi Covid-19”.Lalu Prof. Dr.Irmawati, Psikolog, (Guru Besar USU) yang berbicara mengenai “Peran Kesenian dalam Mengelola Stress dari Perspektif Psikologi”. Dan juga Dr. Muhammad Iqbal Irham, M. Ag, (Dosen UIN SU) yang berbicara mengenai “Pengelolaan Stress dalam Perspektif Psikoterapi Tasawuf untuk Meningkatkan Imunitas di Masa Pandemi Covid-19”

Webinar inidiikuti oleh alumni dan kader HMI darilintasgenerasi, baik alumni dari Kota Medan ataupundariluarkota Medan. Kegiatanini di moderatori oleh Hamdan Sukhrawi. ST, MT dan ketua panitia pada kegiatan ini ialah Verawaty Surbakti, S.HI, sedangkan sekretaris Panitia pada kegiatan ini ialah Rahmatsyah Putra, SS. M.Sisedangkan MC diisi oleh MarhayaniPolem, S.Ag, M.Pd.I. Sedangkan pembaca Ayat Suci Al-qur’andiisi oleh Gumriadi Tambunan S.Sos serta pembaca doa Ari Pramaji Barus, S.Sos.

Kegiatan ini adalah sebagai penutupdari gebyar Muharram yang diinisiasi oleh Bidang Pengembangan Seni dan Budaya Islam MD Kahmi Medan. Sebelum kegiatanini bidang tersebut mengadakan lomba puisi yang telah diikuti sebelumnya oleh berbagai peserta. Diakhir Webinar ini diumumkanlah para pemenang baik juara satu, dua, tiga, harapan satu, dua dan tiga, lalu ditutup pembacaan Puisi oleh pemenang yang mewakili.

Kegiatan Webinar initentusajasangatpositif, terlihatantusiasme para pesertadalammemberikanpertanyaansertaargumententangtema yang diusung. Tentunya para pesertaberharap MD Kahmi Medan terusmembuatkegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaatbagimasyarakatditengah-tengahpandemi Covid-19 ini. (Nas)