Mantap, TNI Polri Ikut Bertugas Dalam Pengawasan Penyebaran Virus Corona di Taput

Senin, 16 Maret 2020 | 21:09 WIB

Taput – Dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) TNI Polri dilibatkan berperan aktif bertugas dalam pengawasan selama 14 hari kedepan.

Keterlibatan aparat Kepolisian Polres Taput dan Kodim 0210/TU untuk membantu Pemkab Taput melalui penandatangan secara bersama Forkopimda atas langkah-langkah untuk mengatasi penyebaran Covid-19 di Tapanuli Utara.

Dari 24 poin hasil kesepakatan bersama pencegahan Covid -19 di Taput, TNI Polri bersama tim kesehatan melakukan pengawasan terhadap Warga Negara Asing (WNA) dan lokal yang masuk ke Taput yang baru kembali/datang dari daerah terjangkit untuk melapor ke fasilitas kesehatan terdekat dan isolasi diri selama 14 hari.

Bersama TNI Polri, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah membuat posko pemantauan di perbatasan dan juga tempat keramaian lain, seperti pasar dan di Bandara Silangit.

Kemudian TNI Polri bersama Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Bagian Perekonomian untuk memantau kondisi keamanan masyarakat dan juga melakukan razia terhadap penimbunan alat pelindung kesehatan (seperti masker, Hand Sanitizer) dan mencegah potensi penimbunan dan kenaikan harga kebutuhan bahan pokok.

Seterusnya, TNI Polri bersama BPBD Taput yang melibatkan Dinas Kesehatan dan RSUD Tarutung melakukan penyemprotan Desinfektan ditempat -tempat tertentu.

“Semua harus terlibat, karena pencegahan Virus Corona ini sudah bencana nasional. Kerjasama TNI Polri bersama Pemkab Taput menjadi sebuah gerakan masyarakat,” kata Dandim 0210/TU Letkol (Inf) Czi Roni Agus Widodo dihadapan para wartawan. (TU.01)