Mantap, RSUD Tarutung Sudah Bisa Periksa Swab Test Pasien Covid-19 Dalam 45 Menit

Selasa, 2 Juni 2020 | 21:46 WIB

Taput MPOL: Kini RSUD Tarutung melalui alat mesin kesehatan Gene Expert atau lazim disebut Test Cepat Molokuler (TCM)  sudah bisa periksa Swab Test pasien Covid-19 dan hasilnya keluar dengan waktu 45 menit.

Hadirnya alat TCM itu di RSUD Tarutung  tidak lepas dari upaya yang dilakukan Bupati Taput Drs. Nikson Nababan untuk mempercepat penanganan pasien yang positip Covid-19.

Dirut RSUD Tarutung dr Janri Nababan didampingi Kepala Instalasi Laboratorium dr Poltak Nababan kepada wartawan membenarkan pihaknya  sudah bisa memeriksa hasil Swab Test pasien terpapar Covid-19.

“Alatnya Gene Expert, jadi pasien yang setelah Rapid Test menunjukkan reaktif maka kita ambil sample cairan tenggorokan ataupun Swab Test dengan menggunakan VTM ( Viral Medium Transport),” ujarnya,  Selasa (2/6).

Biasanya cairan yang ada di VTM dibawa ke Laboratorium untuk diperiksa dan barulah diketahui apakah Pasien positip ataupun negatif Covid-19.

“Dengan alat Gene Expert, tidak perlu lagi kita kirim ke Laboratorium USU sudah bisa disini dan hasilnya dalam 45 menit sudah keluar,” jelasnya.

Nantinya, cairan Swab Test tersebut akan dimasukkan ke sebuah alat namanya Katrid Xpert Sars-Covid-19.

“Katrid Xpert Sars-Covid-19 inilah yang menentukan pasien terpapar atau tidak terpapar Covid-19. Satu Katrid kebutuhan satu pasien, alat inilah yang tempat cairan dari VTM itu dimasukkan kemudian dikerjakan di BSC (Bio Safety Cabinet),” ungkap Janri.

Semua adalah satu kesatuan sehingga proses pemeriksaan sample aman bagi tenaga medis maupun yang ada disekitarnya.

“Itu dikerjakan disatu ruangan bertekanan negatif, sehingga virus itu tidak keluar dan diurai didalam ruangan saat proses pemeriksaan Swab Test,” katanya.

Senada juga dikatakan dr Poltak Nababan bahwasanya kelengkapan alat maupun laboratorium untuk pemeriksaan Swab Test sudah siap.

“Kita sudah ready, karena Katrid yang dipesan sebanyak 60 unit sudah tiba, dan nantinya bila ada pasien terpapar selama 45 menit kita sudah mengetahui hasilnya,” pungkas dokter spesialis Patogi Klinik tersebut.

Bupati Taput Nikson Nababan sebelumnya mengatakan pihaknya demi penanganan Pandemi Covid-19 berupaya melengkapi peralatan di RSUD Tarutung.

“Ruangan isolasi bagi perawatan Covid-19 sudah selesai, alat untuk memeriksa hasil Swab Test sudah tersedia. Itulah upaya kita lakukan bagaimana didalam mengambil langkah maupun keputusan bisa cepat demi menyelamatkan masyarakat Taput,” terangnya. **