Kadiskes Taput: Tercapainya ‘Herd Immunity’ Butuh Pasokan Vaksin  Diperbanyak 

Kamis, 8 Juli 2021 | 20:13 WIB
Taput, MPOL : Telatnya pendistribusian vaksin ke kabupaten/kota akan mengancam tercapainya harapan pemerintah untuk Herd Immunity Covid-19.
“Bila pasokan vaksin semakin diperbanyak masuk ke kabupaten/kota, maka memperbesar harapan pemerintah Herd Immunity dapat cepat tercapai di seluruh Indonesia,” ujar Kadis Kesehatan Taput Alexander Gultom, S.KM, MKM,  kepada Medanposonline.com, Kamis (8/7) dikantornya.
Dikatakan, tahapan kelompok prioritas penerima vaksin dilaksanakan dalam empat tahapan sesuai dengan Juknis dengan mempertimbangkan ketersediaan, waktu kedatangan dan profil keamanan vaksin.
Dimana tahap pertama dan kedua pelaksanaan vaksinasi Januari-April 2021 dengan sasaran tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas kesehatan.
Petugas pelayan publik yang mencakup, TNI/Polri, aparat hukum dan petugas pelayan publik lainnya yang meliputi petugas di bandara/pelabuhan/stasius/terminal, perbankan, PLN, perusahaan daerah air minum dan petugas lain yang terlibat secara langsung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Tahap ketiga dan empat dengan waktu pelaksanan April 2021-Maret 2022 dengan sasaran masyarakat rentan dengan aspek geospasial, sosial dan ekonomi. Serta masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin.
Padahal tahapan sesuai Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) target tahapannya belum bisa tercapai 100 persen. “Saat ini pemerintah sudah
mencanangkan lagi menarget umur 18-59 dan umur 12-17,” tegas Alex Gultom.
Katanya, di Taput vaksin dosis pertama masih 39.344,  dosis kedua 11.285.  Padahal untuk dosis pertama sudah seharusnya sudah selesai sesuai dengan kelompok sasaran pada Juknis tersebut. Sementara orangtua murid di Taput sudah mulai bertanya tanya kapan umur 12 sampai 17 akan divaksin.
Keresahan orang tua itu mencuak mengingat tatap muka dalam tahun ajaran baru 2021/2022 akan segera terlaksana. Pencapaian target vaksinasi untuk menimbulkan Herd Immunity minimal 70 persen dari jumlah harus divaksin. Sedang jumlah warga yang harus divaksin mencapai angka 212.582 orang. “Dalam pencapaian Herd Immunity, 70 persen dari 212.582 orang sudah harus di vaksin hingga Maret 2022,” kata Alex.
Saat ini, data pencapaian vaksin dosis kedua di Taput sebanyak 11.285 itu per 7 Juli 2021. “Semoga pendistribusian vaksin di setiap kabupaten/kota tidak telat, agar capaian target Herd Immunity dapat tercapai,” tutupnys. **