Kadiskes Taput: Hati-Hati, Penularan Covid-19 Dari OTG Lebih Berbahaya

Kamis, 28 Mei 2020 | 22:36 WIB
Taput,MPOL.Com: Orang Tanpa Gejala (OTG) jauh lebih berbahaya penularan Covid-19 daripada orang yang sudah terkena virus Corona.
“OTG ini bebas dan bisa menjadi penular virus karena daya tahan tubuh mereka yang cukup kuat. Justru sialnya bagi kontaknya yang  lemah daya tubuhnya akan rentan terpapar,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Taput Alexander Gultom, SKM kepada MPOL.Com, Kamis (28/5) diruangannya.
Bedanya sama orang yang terpapar, bisa lebih proteksi dengan penanganan serta isolasi langsung sesuai protokol kesehatan. “Makanya kita minta warga tetap waspada dan ikuti anjuran pemerintah yakni wajib pakai masker, jaga kebersihan dan tetap terapkan Physical serta Social Distancing,” katanya.
Hingga kini status jumlah pasien yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) masih dua orang positif hasil Swab Test yakni tenaga medis Puskesmas Situmeang Habinsaran EL dan JS.
Selain itu pasien PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dari sebelumnya dua bertambah dua sehingga totalnya jadi 4
Kesemuanya menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarutung.
Sedangkan 2 pasien PDP yang bertambah dari sebelumnya 2 sebutnya Satunya warga dari luar Taput.N”Hingga saat ini EL dan JS walaupun positip Swab Test terpapar Covid-19 namun tidak ada menunjukkan gejala sama sekali,” ujar Alex.**