Inginkan Identitas Pasien Diumumkan, ODP di Sumut 3.080 Orang, Terbanyak Deli Serdang

Jumat, 27 Maret 2020 | 01:27 WIB

Medan – Hingga saat ini jumlah pasein Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di Sumut bertambah 35,8 persen, sehingga menjadi 3.080 orang. Penaikan secara signifikan, menyusul ditemukan 1.104 ODP, Kamis (26/3/2020).

Sebelumnya, Rabu (25/3) jumlah ODP di Sumut sebanyak 1.976 orang. “Sebaran terbesar adalah Kabupaten Del Serdang (DS), disusul Kota Medan,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumut, dr Aris Yudhariansyah MM, Kamis.

Sementara jumlah pasien positif Covid-19 masih sama dengan hari sebelumnya, yakni sembilan orang, 1 orang meninggal dan 8 lainnya dirawat di RSUP Adam malik Medan. Namun, pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Sumut bertambah banyak, yakni menjadi 71 orang atau naik 16 orang dari hari sebelumnya hanya 55 orang.

Menurut Aris, saat ini gugus tugas berkonsultasi dengan pihak hukum bagaimana caranya diperbolehkan dan aman dibuka data ODP Covid-19 di Sumut. Tujuannya agar para OPD bisa menjalani karantina dirinya sendiri secara sukarela.

Aris menerangkan, dalam upaya pencegahan Covid-19, agar tetap melaksanakan sosial distancing yang saat ini diterjemahkan menjadi physical distancing. Yang artinya, bukan hanya menjaga diri untuk tidak di luar rumah melainkan di dalam rumah juga tetap diterapkan.

Kata Aris, karantina diri menjadi sangat penting karena apabila Covid-19 menyerang usia muda yang kondisi fisiknya bagus dan status imunitasnya juga baik, mungkin tidak akan menimbulkan gejala atau hanya gejala ringan.

Akan tetapi dia sebetulnya sudah menjadi pembawa virus. “Sehingga apabila tidak diisolasi bisa saja saudara kita, orang tua kita yang sudah sejak awal menderita penyakit kronis akan menajga kelompok yang sangat rentan terhadap infeksi virus corona,” ujarnya.

Namun begitu, Aris mengatakan, saat ini gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 sudah mempersiapkan rumah sakit rujukan, dimana salah satunya adalah RS GL Tobing, kemudian Marta Friska, tempat isolasi di BP SDM Provinsi Sumut, Wisma Atlet Pancing dan beberapa rumah sakit lain.

Begitu juga, saat ini Gugus Tugas sudah menerima pengiriman barang-barang berupa alat bantu untuk menegakkan diagnosa penderita Covid-19. Antara lain 3.600 set alat periksa cepat (rapid test), 1.000 VTM yang digukan untuk pemeriksaan swab, serta 3 500 set APD yang akan segera di distribusikan ke Rumah Sakit yang merawat pasien Covid-19..

Terpisah, Kasubag Humas RSUP Adam Malik Rosario Simanjuntak menyampaikan, jumlah PDP di rumah sakit milik Kemenkes tersebut ada enam orang. Kemudian pasien negatif ada delapan orang, dan pasien positif sembilan orang, dimana yang dirawat tinggal delapan orang. “Kita memang ada menerima seorang PDP yang baru masuk setelah satu orang sebelumnya meninggal dunia. Sehingga jumlah PDP kita tetap enam orang,” sebutnya. (Rh)