Kepala BKKBN RI Kunjungi Pelayanan KB di RSUD Sidikalang

Hasto Wardoyo Harapkan Ibu Sudah Memiliki Anak dan Berusia 35 Tahun Tidak Hamil Lagi

Rabu, 22 Juni 2022 | 19:35 WIB

Dairi, MPOL : Kepala BKKBN RI, DR (HC) dr. Hasto Wardoyo, mengharapkan ibu ibu yang sudah meliki anak dan sudah berusia 35 tahun ke atas agar tidak hamil lagi. Karena hal ini berisiko melahirkan anak stunting dan rawan terhadap kematian ibu dan bayi.

Demikian disampaikan Kepala BKKBN RI, saat melakukan kunjungan kerja ke RSUD Sidikalang, Rabu (21/6), dalam rangka Road Show Semarak Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 29 yang dilaksanakan di Kota Medan pada 7 Juli 2022. Ikut mendampingi Kepala BKKBN Sumut M. Irzal, Koordinator Bidang KB dan KR, Sofian Rangkuti SE, MAP, Koordinator Bidang KS/PK, Lucy Destriati, Kepala Dinas KB Dairi dan sejumlah pejabat di Kab. Dairi.

Hal itu disampaikan Hasto, ketika dalam kunjungannya ke RSUD Sidikalang, rata-rata kaum ibu rumah tangga yang mendapat pelayan KB MOW berumur 35 tahun ke atas dan memiliki anak lima.

Kondisi ini membuat Hasto sedikit terkejut, mengingat hal ini sangat berisiko. Karena perempuan yang sudah 35 tahun ke atas dipaksa untuk hamil lagi berbahaya terhadap kesehatan ibu dan bayi. Selain itu juga berisiko melahirkan anak stunting.

“Kalau sudah berusia 35 tahun ke atas, kesehatannya sudah melemah. Jika dipaksakan hamil lagi, dikhawatirkan akan menyebabkan kematian ibu dan bayinya. Bahkan berisiko melahirkan anak stunting,” kata Hasto.

Namun kata Hasto, BKKBN akan terus mensosialisasikan hal itu, sehingga di masa-masa mendatang angka kematian ibu dan bayi di Indonesia tidak juara lagi di Asia Tenggara. Dan angka stunting berkurang.

Hasto Wardoyo juga mengharapkan jarak anak yang dilahirkan tidak terlalu dekat, minimal jaraknya 3 tahun. Sebab, hal ini juga berpengaruh terhadap intelektualitas anak dan penyebab stunting. “Kalau anaknya mau jadi orang hebat jarak kelahiran anak di atur,” tandasnya.

Sementara itu Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengen Dalian Penduduk dan KB Kab. Dairi, dr. Nitawati Sitohang mengatakan, pelayanan KB yang dilaksanakan di RSUD Sidikalang jenis alat kontrasepsi Metode Operasi Wanita (MOW). “Ada 35 orang ibu yang kita layani hari ini, kegiatan dalam rangka Road Show Semarak,” kata Kadis.

Sebagaimana disebutkan, kunjungan kerja Kepala BKKBN Hasto Wardoyo ke Dairi dalam rangka Road Show Semarak Harganas Kota Medan.

Selepas dari Bandara Silangit Internasional, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo didampingi Sekretaris BKKBN Sumut, Yosrizal, Koordinator Bidang ADPIN, Rabiatun Adawiyah, Koordinator Bidang Dalduk Syamsurizal Lubis dan Sub Koordinator Advokasi dan KIE, Yusrodi Rangkuti menempuh jalan darat menuju Kabupaten Dairi.

Pada kesempatan itu Kepala BKKBN Hasto Wardoyo sempat mencicipi makanan khas Sumatera Utara di rumah makan Sipirok Dolok Hole di jalan Balige Km 1 Siborong-borong. **