Harganas di Medan Diundur Hingga 7 Juli 2022 

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:42 WIB

Medan, MPOL : Puncak perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke 29 yang semula diagendakan pada Rabu, 29 Juni 2022 diundur menjadi Kamis, 7 Juli 2022.

Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Nopian Andusti, mengatakan puncak perayaan Harganas di Kota Medan, jadwalnya semula 29 Juni 2022, diundur menjadi 7 Juli 2022. “Agendanya tetap seperti yang telah direncanakan. Lokasinya juga tetap, Kota Medan sebagai tuan rumah,” kata Nopian melalui siaran pers.

Meskipun jadwal diundur seminggu dari perencanaan semula, namun Nopian menginformasikan bahwa Presiden Joko Widodo hadir dalam puncak Harganas itu. Nopian yang juga Ketua Pelaksana Harganas Ke 29 ini menjelaskan, rangkaian acara masih tetap sama seperti semula, hanya tanggal pelaksanaannya saja yang bergeser.

Sesuai agenda yang direncanakan, Presiden Joko Widodo menurut Nopian akan mengunjungi dua tempat, yakni Kota Belawan dan Lapangan Merdeka Medan yang menjadi lokasi Harganas.“ Rangkaian acara di Belawan juga seperti yang kita rencanakan semula yaitu pelayanan KB, pemberian makanan tambahan bagi anak stunting dan lansia, pemberian alat bantu untuk difabel, peninjauan program bedah rumah panggung, dan berdialog dengan masyarakat setempat” ujar Nopian.

Kata Nopian, untuk tanggal 6 Juli 2022 BKKBN akan mengadakan Webinar Penguatan Kelembagaan dan Koordinasi Antar Organisasi Perangkat Daerah dan Stakeholder Melalui Tim Percepatan Penurunan Stunting dan Dialog TPPS, PK dan TP PKK Se-Sumatera serta Apresiasi Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting. “Kemudian TP PKK Provinsi, Kabupaten/Kota dan tim pendamping keluarga perwakilan di Kabupaten/Kota yang ada di Sumut,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Pemberdayaan Ekonomi Keluarga BKKBN Ahmad Taufik mengatakan, tanggal 29 Juni 2022 akan tetap dilaksanakan Apel Siaga Harganas  serentak seluruh Indonesia di lingkup BKKBN. Tema Harganas Ke 29  “Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting”. “Ada empat kegiatan unggulan yang telah diusung BKKBN dalam acara tersebut, yakni Bapak Asuh Anak Stunting, Sepekan Elsimil, Semarak Kampung KB, dan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA),” ujarnya.

Harganas Ke 29 juga menjadi ajang konsolidasi dan kooordinasi bagi tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten/Kota dan Provinsi. Nantinya kepala daerah berprestasi yang telah berhasil mengendalikan stunting di wilayahnya akan mendapat penghargaan dari BKKBN di acara puncak Harganas 2022.

Selain itu juga akan diberikan penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan dan Satyalancana Wira Karya dari Presiden serta Penghargaan Manggala Karya Kencana, Darma Karya Kencana dari Kepala BKKBN. **