GTPP Covid-19 Taput: Hasil Tracing Kontak Dua Tenaga Medis Positif Corona, 68 Warga Non Reaktif

Jumat, 22 Mei 2020 | 13:35 WIB

Taput MPOL: Setelah dilakukan Tracing terhadap riwayat kontak dua tenaga medis Puskesmas Situmeang Habinsaran Kecamatan Sipoholon, Tapanuli Utara (Taput),  EL dan JS, sejak Selasa (19/5) 2020, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Taput menyatakan bahwa ke 68 warga yang dilakukan Rapid Test dan semuanya non reaktif.

“Hingga saat ini 68 warga yang dilakukan tracing dan dilakukan Rapid Test non reaktif atau negatif,” ungkap Jubir Gugus Tugas Indra Simaremare di ruang kerjanya, Jumat (22/5).

Sekda Taput tersebut menambahkan berdasarkan hasil Rapid Test Non Reaktif mereka tidak perlu diisolasi namun tetap menjaga pola hidup sehat. “Tidak perlu isolasi, namun ikuti aturan protokol kesehatan. Dan Gugus Tugas masih tetap melakukan Tracing lagi,” ungkapnya.

Terkait EL dan JS yang saat ini diisolasi di Rumah Sakit Daerah Tarutung, Indra mengatakan sedang dipulihkan kondisinya. “Terakhir mereka di Rapid Test pasca hasil Swab Test dari Laboratorium USU masih reaktif positif, makanya kita lihat dulu pemulihan kondisi dengan pemberian vitamin baru akan di Swab lagi,” ungkapnya.

“Kami tim Gugus Tugas tetap menegaskan tidak ada pelonggaran dalam pengawasan orang masuk dan keluar, pengawasan terhadap kerumunan. Untuk itu, kami tetap menegaskan agar masyarakat mengikuti protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di Tapanuli Utara. Tetap terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menjaga jarak, jangan berkerumun, dan gunakan masker. Tetap tinggal di rumah, jangan mudik atau pulang kampung,” tegasnya. **