DWP Sekretariat DPRD Langkat Sosialisasikan Vaksin Covid-19

Selasa, 30 Maret 2021 | 20:47 WIB

Langkat, MPOL : Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat DPRD Kabupaten Langkat dibawah pimpinan Ny. Basrah Pardomuan (Rosdanelly) undang narasumber dari Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk mensosialisasikan suntik vaksinasi covid-19 bagi anggotanya, Selasa (30/3/2021). Narasumber yang hadir adalah dr. Lambok Elisabet Sitohang, M.Kes selaku Kasi Pelayanan Kesehatan Primer Dinkes Kabupaten Langkat.

Saat membuka acara, Rosdanelly mengharapkan kepada ibu-ibu DWP dan pegawai Sekretariat DPRD yang turut menghadiri kegiatan untuk mendengarkan dengan baik penjelasan narasumber. “Sengaja arisan bulan ini saya buat diisi kegiatan sosialisasi vaksinasi corona virus, karena saat ini di Langkat sedang dilaksanakan tahapan vaksinasi,” ungkapnya.

Kata Narasumber, vaksin itu virus yang sudah dilemahkan. Terkait siapa saja yang bisa atau tidak bisa menerima vaksinasi, diantaranya usia diatas 18 tahun sampai lansia bisa divaksin. Tekanan darah harus dibawah 180/100 mmHg. Yang pernah terkonfirmasi covid lebih tiga bulan bisa divaksin. Ibu hamil harus ditunda untuk divaksin dan bagi ibu menyusui bisa mendapatkan vaksin setelah usia bayinya berusia 6 bulan.

Selain itu, dr. Lambok menjelaskan efek samping vaksin menurut WHO sangat jarang terjadi yakni demam, sakit kepala, diare, nyeri otot dan nyeri tempat suntikan. Ia mengingatkan bahwa vaksin bukanlah obat, karena itu kalaupun sudah divaksin harus tetap menerapkan protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Dijelaskan, alur pelayanan vaksinasi mulai dari meja 1 pendaftaran, lalu proses skrinning untuk memastikan seseorang layak apa tidak divaksin di meja 2, setelah layak baru dilakukan suntik vaksin di meja 3 dan terakhir meja 4 untuk pencatatan hasil vaksinasi dan observasi selama 30 menit.

Usai mendengarkan penjelasan narasumber, Ketua DWP Sekretariat DPRD Langkat meminta kepada anggota DWP untuk turut menyampaikan informasi yang didapat kepada masyarakat sekitar lingkungan tempat tinggal agar memahami pentingnya vaksinasi.

“Berikan pemahaman kepada masyarakat lingkungan kita agar program nasional ini terlaksana dengan baik. Ayo sama-sama kita sukseskan vaksinasi di Kabupaten Langkat,” pungkasnya. **