dr. Mustafa Kamil Adam, Sp.PD Warga Tak Perlu Ragu Program Vaksinasi Covid-19

Selasa, 23 Februari 2021 | 21:36 WIB

Medan, MPOL: Anggota DPRD Sumut, dr.Mustafa Kamil Adam,Sp.PD meminta seluruh masyarakat agar tidak meragukan program Vaksinasi Covid-19 yang sedang berlangsung secara bertahap, guna menuntaskan mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19) dari wilayah Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan  Anggota DPRD Sumut, dr.Mustafa Kamil Adam,Sp.PD, menjawab pertanyaan warga  saat menggelar acara Reses, Selasa (23/2/2021) di Caffe Gugaz Jalan Gunung Mahameru Kelurahan Glugur Darat I Kecamatan Medan Timur.

dr.Mustafa mengatakan, program vaksinasi  akan membentuk kekebalan komunitas atau herd immunity sebagai bentuk memutus rantai penyebaran covid-19. Disamping tetap secara disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) selalu menggunakan masker, sesering mungkin mencuci tangan menggunakan sabun disinfektan, menjaga jarak aman (3M) serta menghindari kerumunan massal.

“Selama ini jumlah pasien terpapar covid-19 terlihat tidak menurun adalah, akibat kelalaian masyarakat menerapkan Prokes covid-19, begitu juga dengan berbagai pergerakan aktivitas masyarakat yang tidak terkendalikan membuat angka korban covid-19 semakin melaju,” ujar dokter spesialis penyakit dalam itu.

Program pemerintah melakukan vaksinasi covid-19 secara gratis, seharusnya mendapat dukungan dari seluruh eleman mayarakat, agar Indonesia segera terbebas dari bencana covid-19 yang telah meluluhlantakkan berbagai sendi kehidupan yang dampaknya sangat dirasakan oleh seluruh masyarakat,kata dr.Mustafa.

Disebutkan bahwa, Indonesia membutuhkan  obat vaksin covid-19 dalam jumlah banyak, maka pelaksanaannya dilakukan secara bertahap, dimulai dari kelompok yang beresiko tinggi seperti petugas medis, TNI/Polri. Tahap selanjutnya kepada masyarakat berusia 18-60 tahun, hingga mencapai minimal 70 persen dari seluruh rakyat Indonesia, maka covid-19 kita harapkan akan lenyap dari Indonesia, kata dokter yang berpengalaman diberbagai rumah sakit terkenal itu.

Banyak Warga Menganggur

Berkaitan dengan pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, terutama warga Kota Medan banyak yang menganggur, akibat korban pemutusan hubungan kerja (PHK) dan berbagai sektor  usaha masyarakat banyak yang gulung tikar, ujar Supriansyah, salah seorang warga Jalan Bukit Barisan Medan saat bertanya kepada dr.Mustafa.

Dirinya meminta agar pemerintah terus memberikan perhatian serius kepada masyarakat yang terdampak covid-19, misalnya modal usaha home industri yang nantinya bisa menghidupi kebutuhan keluarga, sebutnya.

Sementara berbagai pertanyaan lain terkait banjir, jalan rusak , drainasi yang tidak pernah di korek hingga persoalan lain yang tidak terjawab menjadi catatan penting yang akan dibahas untuk mendapatkan solusi di sidang DPRD Sumut, kata dr.Mustafa saat melaksanakan Reses di sore harinya di Jalan Bukit Barisan No 3 Kelurahan Darat II Kecamatan Medan Timur.

Acara Reses dengan tema ‘Sukseskan Vaksinasi Covid-19 dan Tingkatkan Protokol Kesehatan” dihadiri Camat Medan Timur, Ody Anggia Batubara, Lurah  Kelurahan Darat II, Gira J.Hutagaol, Ketua DPC NasDem Medan Timur Mursalim Tobing, Ketua DPD Pemuda Muslimin Kota Medan, S.Hanafi Siregar serta warga sekitar.