Demam Tinggi, Balita Dari Nainggolan Samosir Dirujuk Ke RSU Rujukan di Tarutung

Kamis, 16 April 2020 | 23:28 WIB
Samosir,MPOL.Com – Seorang balita yang selama ini tinggal bersama orang tuanya di Kecamatan Nainggolan Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara, mengalami demam tinggi, Rabu (15/4) dan terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr.Hadrianus Sinaga yang berjarak kurang lebih 40 km.
Setelah tiba di RSUD dr.Hadrianus di Pangururan dengan penanganan yang ekstra, dr. Friska Situmorang, Direktur RSUD Hadrianus akhirnya menyarankan untuk ke Rumah Sakit Rujukan Covid 19  di Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara.
Rohani Bakara, sebagai juru bicara Gugus Tugas Pengendalian Covid 19 Kabupaten Samosir, membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan seorang balita di Samosir di kirim ke RS Rujukan di Tarutung. Dijelaskan, setelah tiba di RS Rujukan dan dilakukan pemeriksaan oleh Dr.Rianti (Spesialis Paru) dan Dr.Rahmi (Spesialis Anak) selanjutnya di sampaikan ke Dr Marganda Silitonga sebagai Wakil Tim Penanganan Covid-19  bahwa pasien tersebut tidak layak di rujuk.
“Cukup di isolasi mandiri di rumah saja dengan pengawasan yang ketat dari tim medis yang ada di Kecamatan Nainggolan  Kabupaten Samosir dan selalu koordinasi dengan pihak RSUD dan Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir,” katanya.
Dia mengharapkan  segala aturan Pemerintah dalam upaya mencegah Pandemi Covid 19 di taati dengan disiplin dan atas doa kita bersama si  anak balita tersebut lekas sembuh.(TS.03)