Darurat Covid-19: Mulai Sabtu Ini Tempat Wisata dan Hiburan Ditutup, Ini Daftarnya

Jumat, 13 Maret 2020 | 22:16 WIB

Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengambil kebijakan menutup tempat wisata dan hiburan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta selama dua pekan, menyusul menyebarnya wabah Covid-19 di DKI Jakarta.

“Semua destinasi wisata dan tempat hiburan milik Pemprov DKI Jakarta akan ditutup dua pekan ke depan, HBKB (Hari Bebas Kendaraan Bermotor) ditiadakan dua pekan,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Tempat wisata dan hiburan milik Pemprov DKI yang direncanakan ditutup adalah Ancol, Ragunan, Monas, museum yang dikelola DKI Jakarta dan destinasi wisata serta hiburan lainnya. “Tujuannya meminimalisir kegiatan warga di luar rumah yang ramai dan berpotensi menyebarkan virus corona,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Penutupan tersebut akan dimulai pada hari Sabtu (14/3/2020) besok, tapi untuk transportasi umum tidak diberlakukan penutupan atau penghentian operasi.

Untuk transportasi umum tidak diberlakukan penutupan atau penghentian operasi.”Lalu pelayanan masyarakat tetap berjalan seperti biasa, baik Kelurahan dan Kecamatan, kemudian Kantor Wali Kota, Balai Kota, Puskesmas, Rumah Sakit, semua berjalan seperti biasa,” pungkas Anies Baswedan.

WHO Dukung Indonesia

Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus berkomitmen penuh mendukung Indonesia untuk mencegah penyebaran virus corona.

Tedros melalui akun Twitternya, @DrTedros, menjelaskan kesepakatan baru saja terjadi melalui sambungan telepon dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Perbincangan telepon yang baik dengan Presiden Indonesia, Jokowi. Saya berterima kasih atas kepemimpinannya dalam pencegahan dan menyiapkan sistem kesehatan dan sektor lain sebagai respons terhadap #COVID19.” “Kami sepakat untuk memperluas kerja sama dan saya pastikan dukungan penuh dari WHO,” ujarnya.

Excellent phone call with President @jokowi of #Indonesia. I thanked him for the government’s leadership on containment and preparing the health system and other sectors to respond to #COVID19. We agreed to scale up cooperation and I assured him of @WHO ‘s readiness to support. pic.twitter.com/v7k9Gffymd

Per Jumat (13/3/2020), pasien di Indonesia yang positif terpapar Virus Corona sudah mencapai 69 orang. Jumlah tersebut meningkat lebih dari dua kali lipat jika dibanding pada Kamis (12/3/2020) kemarin.

Lima orang dinyatakan sembuh dan empat orang lainnya dinyatakan meninggal. Menurut laporan WHO, per 12 Maret 2020, angka kematian kasus Corona di dunia mencapai 3,6 persen.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah telah melakukan tindak pencegahan di sejumlah tempat. Salah satunya di gerbang bandara. Menurut Jokowi, di pintu kedatangan dalam negeri atau tempat check-in, terdapat thermal scaner dan thermal gun.

“Kemudian kalau berasal dari negara-negara yang sudah kita waspadai masuk ke pintu yang berbeda. Di sana kitauntuk 4 negara sebanyak 3 kali kalau di luar itu dicek 2 kali oleh thermal scanner dan thermal gun. Saya kira sebuah pengecekan yang menurut saya ketat,” kata Presiden Jokowi.

Daftar Tempat Wisata Ditutup

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengumumkan daftar lengkap tempat wisata dan hiburan milik Pemprov DKI Jakarta yang ditutup sementara. Lokasi wisata dan hiburan tersebut akan ditutup selama dua pekan menyusul menyebarnya wabah Virus Corona (COVID-19) di DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, menyebutkan, ada 17 tempat wisata dan hiburan yang akan ditutup selama 14 hari. Kawasan wisata itu ditutup selama 14 hari ke depan dan selama proses penutupan akan dilakukan pembersihan dengan desinfektan. “Tujuan penutupan ini untuk meminimalisir kegiatan warga di luar rumah yang ramai dan berpotensi menyebarkan Virus Corona,” sebutnya, Jumat (13/3/2020).

Ini daftar lokasi wisata dan hiburan di Jakarta yang ditutup di mulai, Sabtu (14/3/2020):

  1. Kawasan Monas
  2. Ancol
  3. Kawasan Kota Tua
  4. TM Ragunan
  5. Anjungan DKI di TMII
  6. Taman Ismail Marzuki
  7. PBB Setu Babakan
  8. Rumah Si Pitung
  9. Pulau Onrust
  10. Museum Sejarah Jakarta
  11. Museum Prasasti
  12. Museum MH Thamrin
  13. Museum Seni Rula dan Keramik
  14. Museum Tekst
  15. Museum Wayang
  16. Museum Bahari
  17. Museum Joang ’45.

(ant/bnis)