Cegah Corona, Bupati Batu Bara Liburkan Peserta Didik di Semua Jenjang

Senin, 16 Maret 2020 | 17:51 WIB

Batu BaraDi tengah pandemik virus corona (covid-19) saat ini, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP meliburkan kegiatan belajar di sekolah mulai dari tingkat TK, SD dan SMP. Sekolah diliburkan hingga 14 hari ke depan terhitung mulai hari Senin ini, 16 Maret 2020.

Kebijakan itu diambil sebagai langkah nyata untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19) di daerah Batu Bara. ”Dalam upaya mencegah virus corona mewabah di Batu Bara, sekolah kami liburkan hingga 14 hari ke depan mulai Senin,” kata Buapti Zahir saat temu pers menyampaikan hal tersebut di Pendopo Bupati Batu Bara di Tanjung Gading, Minggu (15/3/2020).

Namun begitu, Zahir mengatakan, kegiatan belajar semestinya tetap ada yakni dengan belajar di rumah, mengerjakan tugas-tugas atau PR ataupun seperti secara online oleh guru.

Zahir yang juga politikus PDI Perjuangan itu mengimbau agar para tenaga pendidik dan kependidikan sebisa mungkin menghidari kontak langsung. “Ini bukan berarti kita sombong atau enggan berjabat tangan dengan orang lain, (tapi untuk demi menjaga keamanan bersama dari penjangkitan virus corona),” tambah Zahir.

Menurutnya, yang masalah adalah kalau berkumpul langsung, karena berpotensi mengakibatkan penularan. “Sehingga mulai Senin tanggal 16 sampai dengan 28 Maret 2020 saya nyatakan seluruh satuan pendidikan di Kabupaten Batu Bara untuk belajar di luar kelas atau di rumah masing masing dengan pendampingan orang tua dan bahan belajar akan di berikan oleh guru-guru,” tegas Zahir.

Zahir menegaskan, tenaga pendidik dan kependidikan untuk sementara meniadakan tatap muka dan berkomunikasi langsung dengan peserta didik.

Seiring dengan peliburan sekolah, juga sambil dicermati perkembangan virus corona apakah sudah ada atau tidak di Batu Bara. “Karena itu, kebijakan peliburan sekolah akan dievaluasi nanti setelah libur 14 hari,” ujar Zahir.

Sejauh ini, belum ada ditemukan warga di wilayah Batu Bara yang suspect corona ataupun yang positif. “Dan harapan kita memang semogalah virus ini tidak menjangkiti warga Batu Bara,” pungkas Zahir. (Nda)