5 Daerah Nihil Kasus Covid-19, Pasien Positif Corona di Sumut 1.480 Orang

Senin, 29 Juni 2020 | 22:23 WIB

Medan, MPOL : Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Mayor Kes dr Whiko irwan mengatakan, hingga Senin (29/6) sore terjadi lagi penambahan pasien positif Covid-19 hasil pemeriksaan Swab PCR sebanyak 13 orang. Sehingga total jumlah pasien positif Corona itu 1.480 orang.

“Bahkan akibat terjadi penambahan itu pasien positif Corona yang dirawat di sejumlah rumahsakit di Sumut itu kini lebih dari seribu orang, tepatnya sebanyak 1.005 orang hingga, Senin pukul 17.00 Wib,” kata dr Whiko kepada wartawan.

Dikatakan, untuk jumlah pasien positif Corona yang sembuh tidak ada penambahan, tetap diangka 383, sedang yang meninggal dunia sebanyak 92 orang. Demikian juga untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tidak ada penambahan yakni 228 orang. Sementara Ordang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 1.071 orang.

Whiko mengatakan, penyebab dari melonjaknya angka ini dikarenakan masifnya pemeriksaan yang dilakukan GTPP Covid-19. “Kita dapatkan beberapa kali melonjaknya jumlah pasien di Sumut. Hal ini salah satunya karena masifnya pemeriksaan Swab PCR dan Rapid Test yang dilakukan GTPP,” ujartnya.

Ia membeberkan, masifnya pemeriksaan ini sebagaic ara menuju hidup baru (new normal life) yang akan direalisasi di seluruh Kabupaten/Kota di Sumut. Whiko membenarkan, penambahan pasien terpapar Corona masih terus akan terjadi di Sumut. Untuk itu ia meminta agar masyarakat tetap mematuhi prtokol kesehatan.

Sementara itu untuk Provinsi Sumatera Utara (Provsu) dikatakan, masih terdapat lima daerah yang tergolong aman dari Virus Corona. Lima daerah tergolong aman ini ditandai dengan jumlah nihil pasien positif terpapar Corona. Adapun kelima daerah yang tidak memiliki kasus Covid-19 yakni Kabupaten Nias, Nias Selatan, Nias Utara, Nias Barat dan Pakpak Bharat. **