3 Pasien Covid-19 di RSUP Adam Malik Sembuh

Senin, 6 April 2020 | 21:52 WIB

Medan: Pasien positif Covid-19 yang sembuh setelah dirawat di RSUP H Adam Malik, Medan, kembali bertambah hari ini, Senin (6/4/20). Pasien yang sembuh tersebut berjumlah satu orang dengan jenis kelamin laki-laki.

Karenanya, saat ini sudah tiga pasien Covid-19 yang sembuh. Namun, satu dari ketiganya masih menunggu hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) di Laboratorium Balitbangkes, Jakarta, yaitu anggota DPRD Sumut M. Aulia Rizky Agsa.

“Satu lagi bertambah hari ini yang positif Covid-19 sembuh, jadi jumlahnya sudah dua orang. Sedangkan satu orang lagi yang juga sembuh masih menunggu hasil laboratorium keluar, dan semoga hasilnya negatif,” ujar Kasubbag Humas RSUP H Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak.

Kata Rosa, hingga Senin sore jumlah pasien positif Covid-19 yang sembuh setelah menjalani perawatan di rumah sakit milik Kemenkes RI tersebut belum ada penambahan. Begitu juga dengan jumlah pasien positif yang masih dirawat masih 12 orang.

“Untuk PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yang dirawat berjumlah 5 orang, sedangkan PDP yang sembuh dan negatif 14 orang,” tandas dia.

Diberitakan sebelumnya, seorang tenaga medis RSUP H Adam Malik, Medan, telah sembuh. Dia diketahui terpapar virus corona saat melakukan tinjauan ke RSPI Sulianti Suroso di Jakarta terkait penanganan Covid-19.

Koordinator Tim Penyakit Infeksi New-Emerging dan Re-Emerging (PINERE) untuk Covid-19 RSUP Haji Adam Malik, dr Ade Rahmaini SpP mengatakan, tenaga medis yang dinyatakan sembuh karena kondisinya terus membaik. Bahkan, hasil pemeriksaan swab laboratorium menyatakan negatif.

“Setelah dua kali dikirim swabnya ke Jakarta, hasilnya negatif. Jadi, sekarang sembuh,” ujar Ade, Minggu (5/4)

Ade mengaku, tenaga medis ini sudah dipulangkan ke rumahnya. Akan tetapi, terhadap pasien masih dianjurkan untuk membatasi diri.

Terkait pasien Aulia Rizky Agsa yang juga positif Covid-19 dan sembuh, Ade menyatakan masih dirawat. Hal ini dilakukan sembari menunggu hasil swab laboratorium yang kedua kalinya keluar.

“Sabar, harapan kita juga dia sembuh. Sekarang tinggal menunggu buktinya saja,” pungkas Ade. (Kcu)

Teks foto: Ilustrasi. (Int)