ISWAMI Indonesia: Usut Pemilik Akun Istragram yang Menghina Raja Malaysia

Sabtu, 2 Januari 2021 | 17:17 WIB

Jakarta, MPOL : Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia-Indonesia (ISWAMI) Indonesia, meminta Kepolisian RI dan Polis Diraja Malaysia untuk mengusut dan menangkap pemilik akun instragam Bukan_Bang Jago, yang menghina Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah.

Dalam unggahannya, pemilik akun Bukan_Bang Jago membuat meme sembilan foto Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah, secara tidak beradab dan provokatif.

“Kami mengutuk keras pengihaan terhadap Yang di-Pertuan Agung Malaysia, pemimpin yang sangat dihormati di Malaysia dan Indonesia,” demikian pernyataan pers ISWAMI, yang ditandaangani Asro Kamal Rokan (Presiden ISWAMI Indonesia) dan Ilham Bintang (Penasihat ISWAM), Jumat (1/01/2021).

ISWAMI Indonesia meminta Polri dan Polis Diraja Malaysia segera mengusut dan menindak pemilik akun Bukan_Bang Jago, yang diduga dengan sengaja ingin merusak hubungan Indonesia dan Malaysia yang selama ini berjalan dengan baik.

“Kami tidak ingin hubungan baik ini dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab,” kata pernyataan tersebut. “Karena itu, kasus penghinaan ini harus diselesaikan segera agar tidak menimbulkan akibat-akibat negatif.”

Akun instagram Bukan_Bang Jago diikuti 295 orang. Belum diketahui asal pemilik akun tersebut.

Terhadap unggahan tersebut, reaksi keras datang dari Malaysia. Seperti dikutip media Malaysia, sinarharian.com dan mstar.com, Kamis (31/12), Permaisuri Agong, Tunku Azizah Aminah Maimunah Iskandariah, meminta Polis Diraja Malaysia menangkap pemilik akun Bukan_Bang Jago.

“Gara-gara orang tiada kerja, buat cari dosa saja, kepada Allah berserah. Sila ambil tindakan,” tulis Tunku Azizah di Instagram pada Kamis. Rata-rata pengikut Instagram Permaisuri mendesak pemilik akun yang menghina tersebut dijatuhi hukuman.

ISWAMI meminta para netizen untuk selalu mempertimbangkan lebih dahulu akibat-akibat dari unggahan di sosial media.

Belum lama ini, akun akun YouTube My Asean membuat parodi lagu Indonesia Raya. Atas kesigapan Polri dan Polis Diraja Malaysia, MDF — WNI pemilik akun — telah ditangkap di Cianjur, Jawa Barat, Kamis (31/12/2020). (ril)