HIPMI Sumut Promosikan Sumatera Utara di Dubai EXPO 2020

Kamis, 11 November 2021 | 08:53 WIB

Medan, MPOL: Sebanyak 50 orang pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menghadiri Dubai Expo 2020. Keberangkatan ini diinisiasi oleh Ketua Umum BPP HIPMI, Mardani H Maming melalui program HIPMI GOES TO DUBAI. Kesempatan ini kemudian dimanfaatkan oleh Ketua Umum terpilih BPD HIPMI Sumatera Utara (Sumut) Ade Jona Prasetyo untuk mempromosikan potensi Sumut ke internasional, khususnya dalam cakupan sektor ekonomi.

“Kita memanfaatkan kunjungan ke Dubai ini untuk mempromosikan berbagai potensi yang dimiliki oleh Sumut ke kancah internasional secara maksimal,” ujar Jona (10/11).
Jona menjelaskan, hal yang dipromosikan adalah potensi Danau Toba sebagai satu dari lima destinasi wisata prioritas di Indonesia. Ini membuat Sumut memiliki peluang besar untuk dikunjungi oleh para turis dari berbagai belahan dunia. Sehingga meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumut dapat sejalan dengan mendatangkan investor.

“Dari situ, para pengusaha lokal sebagai tuan rumah bisa mengambil peran dalam pembangunan sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Dengan begitu, jumlah pengusaha muda yang ada di Sumut juga akan meningkat ke depannya,” terang Jona.

Selain Danau Toba, HIPMI juga mengenalkan produk-produk UMKM Sumut di Paviliun Indonesia, terutama di bidang kuliner dan pariwisata yang ada di Kota Medan. Salah satunya adalah Wedang Rempah Nusantara yang memiliki rasa hangat, manis, serta aroma segar. Wedang Nusantara yang merupakan tradisi leluhur asli Indonesia ini diolah dari racikan rempah pilihan, serta diproses dengan komitmen tinggi untuk menjaga kualitasnya.

“Dubai Expo ini ajang promosi terbesar di dunia dan ini momentum yang istimewa. Semoga ini jadi pintu masuk untuk memperkuat ekspor UMKM Sumut ke berbagai negara. Sehingga UMKM bisa menjadi pendorong pemulihan ekonomi,” jelas Jona.
Jona menambahkan, HIPMI Sumut sangat mengapresiasi serta mendukung langkah Kementerian Perdagangan dan Kementerian Investasi untuk bisa lebih memberdayakan UMKM Indonesia.

“Kolaborasi antar pemerintah, UMKM, dan organisasi pengusaha seperti ini penting dilakukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” ujar Jona.

Untuk diketahui, para delegasi HIPMI yang hadir tergabung dalam rombongan Presiden Joko Widodo, Menteri Perdagangan RI Muhammad Luthfi, Menteri Investasi dan BKPM RI Bahlil Lahadalia, serta Menteri BUMN Erick Thohir.

Ajang Expo 2020 Dubai ini diikuti oleh 192 negara. Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) di Expo 2020 Dubai telah resmi dibuka pada Jumat 1 Oktober 2021 dan akan berlangsung hingga 31 Maret 2022. **