Upaya Mediasi Kembali Gagal, Kasus Mantan Anggota DPRD Sumut Ini Berlanjut ke Pengadilan

Jumat, 18 November 2022 | 23:19 WIB

Medan, MPOL : Kasus penipuan dan penggelapan yang dilakukan Indra Alamsyah bakal berlanjut ke pengadilan. Pasalnya, dalam perkara ini Indra mantan anggota DPRD Sumut Fraksi Partai Golkar periode 2014-2019 sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Terlebih, saat upaya mediasi yang kedua kali dilakukan tak menemui kesepakatan. Pertemuan mediasi antara tersangka dengan korban Rosmala Sebayang dilakukan di gedung Satreskrim Polrestabes Medan, Jumat (18/11/2022) sore.

Menurut kuasa hukum korban, Ganda Tambunan, kedatangan dia bersama kliennya (Rosmala) ke Polrestabes Medan karena tersangka Indra ingin berdamai.

“Masih ada pembicaraan mediasi, tapi dari klien kita tidak ada titik temu, artiannya gagal mediasi. Berarti penyidik harus meneruskan kasus ini ke kejaksaan,” kata Ganda, Jumat (18/11/2022) malam.

Untuk saat ini, dijelaskan Ganda, korban menolak perdamaian yang dimintakan oleh tersangka karena korban bersikukuh tidak mau berdamai.

Ganda menceritakan kasus yang dialami kliennya bermula saat Indra Alamsyah menawarkan satu unit mobil truk kepada korban dan meminta uang muka sebesar Rp 100 juta. Penawaran itu terjadi tahun 2017 silam. Lalu, setelah korban memberikan uang yang diminta Indra, mobil truk tersebut tak kunjung diserahkan kepada korban.

Ketika penyerahan uang Rp 100 juta, Indra berjanji akan menyerahkan mobilnya besok. Namun setelah ditunggu-tunggu mobil itu tidak juga diberikan. Merasa ditipu, korban mencoba mencari tahu keberadaan dan status mobil yang ditawarkan oleh tersangka kepada korban.

“Ternyata, mobil tersebut milik Robby Anangga yang digunakan sebagai truk pengangkut di PT Dirgantara Deli Trans. Ketika dihubungi (tersangka) tidak ada jawaban. Lantas korban melaporkan kasus tersebut ke Polrestabes Medan, pada tahun 2021 silam,” ungkapnya.

Ganda berharap agar kasus ini segera dilimpahkan ke pengadilan agar korban mendapatkan kepastian hukum.

Ia juga menyampaikan mengapa Indra Alamsyah setelah ditetapkan sebagai tersangka belum ditahan oleh pihak kepolisian.

“Kita belum sempat menanyakan (mengapa belum ditahan), karena masih mediasi. Namun berdasarkan SP2HP di poin nomor tiga, rencana tindak lanjut adalah melakukan pemeriksaan terhadap tersangka Inda Alamsyah,” sebutnya.

“Berarti Indra Alamsyah belum ada pemeriksaan selaku tersangka, tapi sudah ditetapkan sebagai tersangka,” tambahnya.

Amatan wartawan, Indra Alamsyah hadir ke Polrestabes Medan menggunakan kaos berkerah berwarna putih dengan celana jeans biru. Saat keluar dari gedung Satreskrim, ia langsung berjalan terburu-buru ke arah mobilnya menghindari wartawan.

Menurut sumber di kepolisian, Indra Alamsyah memang benar ditetapkan sebagai tersangka dan kasus ini nantinya bakal dilanjutkan ke pengadilan. *