UAS Ditolak Masuk ke Singapura, Riadhi Alhayyan S.H.,M.H : Sebut Itu Hak Setiap Negara

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:05 WIB

Medan, MPOL: Dosen Hukum Internasional USU Riadhi Alhayyan S.H.,M.H menilai pemerintah Singapura memiliki hak untuk menolak WNA sesuai peraturan perundang – undangan yang berlaku disana. Begitu pula negara Republik Indonesia juga bisa menolak WNA masuk ke negara kita. Dalam peristiwa UAS ini tidak bisa di katakan Deportasi Karena UAS tidak melakukan pelanggaran keimigrasian.

“ Perlu kita ketahui bahwasanya setiap negara mempunyai kedaulatan penuh di wilayahnya, maka berlaku Hukum nasional suatu negara tersebut” Ujar Riadhi.

Indonesia adalah bangsa yang besar , bermartabat ,dan terhormat. Peristiwa yang di alami UAS membuat kita prihatin atas kejadian tersebut, bukan perkara dikasi masuk atau tidak, tetapi lebih kepada keadilan dan kesetaraan dalam hubungan Diplomatik kedua negara. Sebaiknya pemerintah indonesia segera meminta penjelasan / klarifikasi dengan jelas ke pihak negara Singapura mengapa sampai terjadi penolakan terhadap WNI dalam hal ini UAS dan keluarganya, agar tidak terjadi polemik tanda tanya besar dan spekulasi-spekulasi di tengah- tengah masyarakat Indonesia.

Harapannya jangan sampai peristiwa ini terulang kembali karena dapat menimbulkan hubungan baik Indonesia dengan Singapura bisa terganggu yang dapat merugikan kedua negara karena kedua negara sama -sama membutuhkan dalam hubungan Internasional. (*)