Terkait Pelaku Cabul Bunuh Diri di Mapolres Deli Serdang, Dua Oknum Polisi Jadi Tersangka

Selasa, 24 Mei 2022 | 22:28 WIB
Medan, MPOL: Dua anggota Polres Deli Serdang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus “tewasnya” terduga tersangka pencabulan MR di Mapolres Deli Serdang. Kedua anggota Reskrim ditetapkan sebagai tersangka karena dinilai lalai dalam melaksanakan tugas sehingga terdunga pelaku cabul nekat bunuh diri di ruang penyidik.
“Dalam kasus itu, sejumah anggota Polres Deli Serdang telah diperiksa Propam Poldasu dan dari hasil pemeriksaan, ada dua orang dijadikan tersangka akibat kelalainnya dalam menjalankan tugas hingga terjadi aksi bunuh diri di Mapolres Deli Serdang,” kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi , Selasa (24/5/2022).
Dari hasil pemeriksaan Propam Polda Sumut, tambah Hadi Wahyudi, diketahui ada dua anggota Sat Reskrim Polresta Deli Serdang yang ditugaskan untuk mengawasi terduga pelaku cabul itu saat di ruang penyidik.
Menurut dia, kedua anggota piket Reskrim Polresta Deli Serdang ini tidak menjalan SOP dalam pengawasan terduga pelaku. “SOP yang diberikan tidak dijalankan oleh kedua anggota kita,” katanya.
Saat ini, sambung dia, kedua anggota Polri yang dinilai lalai ini pun sedang menjalani proses lanjut di Bidang Propam Polda Sumut. “Sudah kita proses,” tegas dia.
Untuk sanksi yang diberikan kepada dua anggota Polri ini, sambung dia, tergantung dari hasil pemeriksaan.
Sementara itu, untuk pemeriksaan Kasat Reskrim Polresta Deli Serdang Kompol I Kadek H Cahyadi, sebut Hadi, Propam Polda Sumut belum ada rencana untuk melakukan pemeriksaan. “Untuk Kasat, kita belum mengarah kesana, Propam fokus untuk menyidik kelalaian orang yang sudah ditugaskan,” kata dia.
Soal hasil otopsi, Hadi menyebutkan, terduga pelaku cabul tewas karena bunuh diri dibuktikan dengan adanya jeratan dan sumbatan pernafasan yang akibat dari jeratan kabel..
Diketahui, seorang terduga pelaku kasus pencabulan berinisial MR ditemukan tewas gantung diri di salah satu ruangan Penyidik Satreskrim Polresta Deli Serdang, Rabu (11/5/22).
MR ditemukan tergantung dengan kabel listrik terlilit di lehernya. Polisi yang mengetahui kejadian itu mengevakuasi jenazah korban ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan.
Informasi yang dihimpun, sebelum ditemukan tewas MR sempat menjalani
pemeriksaan oleh penyidik, Selasa (10/5/22) malam. Lantaran sudah larut malam, pemeriksaan dilanjutkan esok hari. MR lalu dititipkan di salah satu ruangan. MR belum ditempatkan di tahanan. Sekira pukul 07.00 WIB, MR ditemukan sudah tewas tergantung.***