Sudah Tiga Kali Terjadi, Pembobol Kantor PWI Sumut Masih Bebas Berkeliaran

Jumat, 28 Januari 2022 | 09:30 WIB

Medan, MPOL : Kasus pencurian dengan modus membobol Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara di Jl. Adinegoro, Kecamatan Medan Timur, hingga saat ini pelakunya masih bebas berkeliaran. Padahal, kasus yang sama sudah tiga kali terjadi tanpa satupun pelakunya ditangkap.

Pencurian yang sudah tiga minggu berlalu ini seakan lambat ditangani Unit Reskrim Polsek Medan Timur. Terakhir, 1 unit kompresor AC merk Chanhong dan puluhan meter kabel tembaga raib digondol kawanan maling dari lokasi.

Pelaku yang diperkirakan lebih dari satu orang itu diduga masuk ke dalam gedung kantor dengan memanjat pagar. Hal ini ditandai dengan adanya bagian pagar yang patah dan serakan beberapa busa pembungkus kabel tembaga di bawah pagar.

Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik sebelumnya meminta pihak kepolisian segera menangkap dan menindak tegas para pelakunya.

“Kita minta pihak kepolisian segera menangkap pelakunya dan ditindak tegas agar ada efek jera. PWI Sumut yakin pasti pelakunya bisa diringkus segera,” katanya, Jumat (7/1/2022).

Terkait hal tersebut, wartawan mencoba mengkonfirmasi perihal tindak lanjut dan perkembangan kasus pencurian tersebut kepada Kanit Reskrim Polsek Medan Timur, Iptu Japri Simamora. Ia mengaku sudah meminta keterangan saksi-saksi.

“Kita lagi cari dan ambil cctv kemudian kita cek setelah itu kita juga sudah cari 2 saksi-saksi yang mengetahuinya,” kata Japri Simamora saat dikonfirmasi, Jumat (28/1/2022).

Diketahui, kejadian pencurian yang sudah 3 kali terjadi ini pertama kali diketahui oleh seorang office boy kantor, Nasrul (56) alias Ompong saat ia masuk ke dalam areal kantor, Jumat (7/1/2021) pagi. Anehnya, kantor PWI Sumut dianggap rawan pencurian. Padahal lokasinya hanya berjarak beberapa meter saja dengan Polrestabes Medan.

“Aku masuk sekitar jam 8 kurang, pas masuk seperti biasa tak ada lihat apa-apa, pas buka gembok pagar lalu masuk kulihat kok ada kabel tembaga AC yang berserakan di halaman. Lalu kulihat kompresor AC yang ada di atas sudah hilang,” katanya.

Atas kejadian ini, Nasrul kemudian melaporkan langsung kepada pengurus PWI Sumut. Sementara pihak kepolisian sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Kata Nasrul lagi, kejadian serupa sudah 3 kali terjadi. Katanya, pencurian yang kedua 1 unit komputer kantor yang hilang tahun 2019 dan sudah dilaporkan ke Polrestabes Medan, namun pelakunya belum terungkap. *