Spesialis Curanmor di Medan Tuntungan Diringkus

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 17:19 WIB

Medan, MPOL : Spesialis pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang kerap beraksi di Kecamatan Medan Tuntungan diringkus polisi. Pelaku Simon Situmorang (17) warga Jl. Selambo Gg. Muara, Kec. Medan Amplas, ditangkap berdasarkan laporan korban Dimas Sembiring.

Dalam laporannya, korban kehilangan sepeda motor Vario warna hitam BK 6630 AFT di dalam rumahnya Jl. Flamboyan Raya no. 93, Kel. Tanjung Selamat, Kec. Medan Tuntungan, Kamis (7/7/2022) sekira pukul 09.00 WIB.

Kanit Reskrim Polsek Medan Tuntungan, Ipda Elia Karokaro mengatakan, dari laporan korban selanjutnya petugas melakukan olah TKP dan penyelidikan. Lalu, petugas mendapati ciri-ciri pelaku berdasarkan keterangan dari korban.

“Hasil lidik di lapangan diketahui kalau pelaku sering melakukan aktivitas di atas pukul 01
00 WIB di seputaran simpang Simalingkar sampai ke Simpang Selayang, Padang Bulan, Medan,” kata Elia Karokaro, Sabtu (6/8/2022).

Elia menjelaskan, petugas melakukan pengintaian dan mengetahui bahwa pelaku sedang berada di Jl. Jamin Ginting Gg. Bunga Rimta, Kel. Simpang Selayang, Kec. Medan Tuntungan dan kemudian menangkap pelaku tanpa perlawanan, Jumat (5/8/2022) sekira pukul 05.00 WIB. Saat pelaku Simon ditangkap, teman pelaku bernama Pondang berhasil melarikan diri.

“Saat diinterogasi pelaku mengakui perbuatannya telah mencuri sepeda motor korban dengan temannya, Pondang,” sebutnya.

Selanjutnya petugas melakukan penggeledahan dari saku pelaku ditemukan sebuah tas kecil yang terbuat dari plastik warna merah berisi kunci leter Y, 2 buah mata kunci yang sudah diasah tajam dan kawat yang sudah dimodif untuk membuka gembok .

‘Dari pengakuannya, pelaku sudah 3 kali melakukan curanmor di wilkum Polsek Medan Tuntungan, yakni di seputaran Kelurahan Simalingkar B dekat perkuburan Kristen (motor Beat warna merah), di Jl. Setia Budi ujung belakang Kantor Lurah Simpang Selayang (motor Beat warna putih) dan di Pajak Melati, Jl. Flamboyan Raya (motor Vario),” ungkapnya.

Dari pelaku, petugas juga mengamankan barang bukti sepeda motor Honda Vario BK 6630 AFT milik korban, 2 buah anak kunci Y dan sebuah kunci leter L.

“Saat ini pelaku sudah ditahan. Kita tengah memburu temannya yang masih dalam pengejaran,” pungkasnya. *