PWI Sumut Ancam Pidanakan Pemilik Facebook Zainuddin Purba

Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:56 WIB

 

Medan, MPOL: Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara akan melaporkan pemilik Facebook atasnama Zainuddin Purba menyusul beredarnya postingan dimedia sosial yang menghina profesi wartawan.

“Kita menunggu klarifikasi dari facebook atas nama Zainuddin Purba, jika tidak ada niat baik maka PWI akan membawa persoalan ini ke ranah hukum, ” tegas Ketua PWI Sumut melalui Wakil Ketua Bidang Hukum dan Pembelaan Wartawan, Amrizal SH MH, kepada wartawan, Sabtu (14/5/2022) malam.

Disebutkan Amrizal, postingan facebook Zainuddin telah menyinggung profesi wartawan yang tergabung di organisasi wartawan. Postingannya juga sangat tendensius menuding ada kelompok wartawan yang menjilat bandar narkoba.

Postingan di Facebook diduga anggota DPRD Sumut Fraksi Golkar di laman facebook atas nama Zainuddin Purba menjadi perbincangan di group pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut dan group wartawan lainnya. Pasalnya, postingan diduga anggota Fraksi Partai Golkar ini menyinggung profesi wartawan.

“Pernyataan itu sangat menghina profesi wartawan,” ujar Amrizal.

Direktur LBH PWI Sumut itu menyebutkan, kalau yang dimaksud Zainuddin postingannya itu terkait pemberitaan  Ketua PSI dilaporkan ke polisi, dasar penghinaan terhadap profesi wartawan sangat tidak beralasan karena pemberitaan terjadi berdasarkan laporan ke polisi. Jadi, pemberitaan itu tidak melanggar kode etik.

“Kalaupun ada yang merasa dirugikan atas pemberitaan dimaksud, masyarakat bisa menggunakan hak jawab, hak koreksi dan hak bantah. Bukan “membuli” di media sosial yang pada akhirnya menyinggung dan menghina profesi wartawan,” ujar Amrizal.

Karenanya, sebut Amrizal, PWI Sumut menunggu klarifikasi dari Zainuddin. Jika tidak ada klarifikasi maka persoalan ini akan dilanjutkan ke ranah hukum.***