Polres Samosir Ungkap Sejumlah Kasus Tindak Pidana, 2 Diantaranya Kasus Pembunuhan

Samosir, MPOL : Polres Samosir dibawah komando Kapolres AKBP Josua Tampubolon berhasil mengungkap sejumlah kasus tindak pidana. Bahkan, 2 diantara kasus tersebut pengungkapan kasus pembunuhan.

Kapolres Samosir, AKBP Josua Tampubolon mengatakan, pihaknya mengungkap sejumlah kasus sejak Oktober s/d awal November 2021.

“Kasus yang berhasil diungkap yakni 2 kasus pembunuhan, 1 kasus pembakaran dan pencobaan pembunuhan, 2 kasus perjudian dan kasus narkoba,” kata Kapolres saat memimpin konferensi pers bersama Kasat Reskrim AKP Suhartono di Mapolres Samosir, Sabtu (6/11/2021) sekira pukul 16.00 WIB.

Kapolres menjelaskan, yang pertama pengungkapan kasus pembunuhan di Desa Sihusapi pelaku atas nama Budianto Situmorang (41). Pelaku nekat membunuh ayah kandungnya sendiri, Sampe Raja Situmorang.

“Pelaku memukul korban menggunakan kayu broti, selanjutnya membacok korban menggunakan parang. Kemudian ayahnya (korban) dibawa ke halaman rumahnya dan mengambil kapak untuk memenggal kepala korban,” ungkap Josua.

Selain itu, lanjut dijelaskan Kapolres, pelaku juga melakukan penganiayaan dengan memukul kepala ibunya, Kostaria Simarmata menggunakan broti.

“Tersangka ada kejanggalan karena menurut hasil observasi bahwa tersangka mengalami gangguan jiwa atau ODGJ,” terangnya.

“Adapun motif pembunuhan karena tersangka tersinggung, dia menginginkan rumah yang saat ini tempat tinggal orangtuanya,” tambahnya.

Selanjutnya, pengungkapan kasus pembunuhan terhadap korban Lamasi boru Sidabutar. Janda tua ini dibunuh oleh tersangka Ali Rahmat Hutagalung (34) di Kecamatan Simanindo. Dalam tempo singkat, tersangka berhasil ditangkap petugas Sat Reskrim Polres Samosir.

Kapolres menjelaskan motif pembunuhan yang terjadi, menurut pengakuan tersangka, karena tiba-tiba nafsu birahi tersangka naik akibat minum tuak.

“Korban menjerit, lalu karena panik pelaku membekap mulut korban. Karena melakukan perlawanan, sehingga pelaku mencekik leher korban,” katanya.

Selain kasus pembunuhan, Kapolres juga menjelaskan tentang keberhasilan Polres Samosir telah pengungkapan kasus narkoba, yakni kasus ganja dengan tersangka BH. Tersangka diamankan berikut barang bukti 81 bungkus ganja yang ditangkap di Jalan Tele-Pangururan, Desa Tanjung Bunga.

Setelah itu, pengungkapan narkotika jenis sabu dengan tersangka Marangin Sinaga yang ditangkap di Dusun l Desa Huta Ginjang, Kec. Simanindo dengan barang bukti sebanyak 3,8 gram.

Kemudian pengungkapan kasus yang sama dengan tersangka Ade Setriawan di Jl. Lintas Tomok, Kec. Simanido. Tersangka diamankan dengan barang bukti 0,54 gram sabu.

Dari kasus narkoba tersebut, menurut Kapolres bahwa barang bukti berasal dari luar Kabupaten Samosir.

“Kita bersyukur berhasil melakukan penangkapan kasus narkoba ini, kalau tidak ditangkapnmungkin banyak anak muda yang jadi korban,” katanya.

Selanjutnya Kapolres juga menjelaskan keberhasilan atas pengungkapan 2 kasus perjudian jenis togel.

“Sampai saat ini kita masih serius melakukan penangkapan terhadap kasus perjudian,” ucapnya.

Kemudian ia juga menjelaskan pengungkapan kasus pembakaran yang terjadi di Sosor Buntu Desa Onan Runggu, Kec. Onan Runggu yang dilakukan tersangka GH dengan korban Hasonangan Gultom dan Rio Ferdinan Gultom.

“Tersangka melakukan pembakaran terhadap pohon aren pada saat korban berada di atas pohon aren, dimana tersangka menggunakan helm pada saat melakukan pembakaran,” ujarnya.

Kapolres juga mengatakan bahwa Satlantas Polres Samosir juga tetap berkomitmen melakukan penertiban di wilayah Samosir.

“Kami juga dari Satlantas tetap seperti keinginan masyarakat, menertibkan knalpot blong,” katanya.

Pada kesempatan itu, Kapolres tak lupa memberitahukan bahwa capaian hasil vaksinasi di Kabupaten Samosir saat ini tertinggi di Sumatera utara, mencapai 92 persen dan menduduki peringkat pertama.

Selain para jurnalis dan jajaran Polres Samosir, tokoh agama dan tokoh masyarakat juga turut hadir dalam acara tersebut.

Atas pencapaian itu, Ketua Forum Komunikasi Tokoh Masyarakat Samosir (FKTM), Obin Naibaho menyampaikan apresiasi terhadap jajaran Polres Samosir. *