Polisi Ringkus Dika Pengedar Sabu di Simpang Mayat Nagori Timuran

Rabu, 20 Oktober 2021 | 20:27 WIB

Simalungun, MPOL : Seorang pengedar sabu berinisial AS alias Dika (30) tak berkutik saat diringkus petugas Satres Narkoba Polres Simalungun. Tersangka warga Jl. Asahan KM-VII, Nagori Sitalasari, Kec. Siantar, Kab. Simalungun ditangkap petugas di Simpang Mayat Nagori Timuran, Kec. Siantar, Kab. Simalungun, Selasa (19/10/2021) sekira pukul 14.00 WIB.

Kasat Narkoba Polres Simalungun, AKP Adi Haryono kepada wartawan, Rabu (20/10/2021) mengatakan, sekitar awal bulan Oktober 2021 masyarakat memberikan informasi adanya seorang laki-laki disebut-sebut sebagai bandar narkoba dengan panggilan Dika di sekitar Jalan Asahan Batu VII, tepatnya di sekitar depan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II Pematang Siantar.

Mendapat informasi tersebut, petugas segera melakukan penyelidikan di sekitar TKP.

Setibanya di TKP, Selasa (19/10/2021) sekira pukul 14.00 WIB, petugas melihat seorang pemuda (tersangka) dengan gerak-gerik yang mencurigakan. Melihat itu, petugas langsung menyergap lelaki yang saat itu sedang duduk-duduk bersama temannya sembari menunggu pembeli tersebut. Tanpa perlawanan seketika diperiksa dan digeledah oleh petugas.

Setelah digeledah di kantong celana tersangka, petugas menemukan barang bukti 1 bungkus kotak rokok berisi 8 bungkus plastik klip transparan berisi diduga narkotika jenis shabu berat brutto 1,34 gram, 1 unit HP android warna hitam merk Vivo dan uang hasil penjualan sejumlah Rp. 300.000.

“Saat diinterogasi tersangka mengaku bahwa sabu tersebut adalah miliknya yang diperoleh dari seorang laki-laki yang ditemuinya di Simpang Gambus, Kab. Batu Bara dan baru 2 bulan mengedarkan sabu,” terang Kasat.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dan barang bukti diboyong ke Satuan Narkoba Polres Simalungun guna penyidikan lebih lanjut.

“Terhadap tersangka kita jerat dengan Pasal 112 dan 114 UU RI pasal No.35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara,” pungkasnya. *