Peringati Hardiknas, Pegawai Lapas Kelas IIA Pancur Batu Laksanakan Upacara

Jumat, 13 Mei 2022 | 19:45 WIB

Pancurbatu, MPOL- Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati setiap tanggal 2 Mei, sesuai dengan Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959. Penetapan Hari Pendidikan Nasional ini diambil dari tanggal lahir dari Bapak Pendidikan, Ki Hadjar Dewantara, yang telah berjasa dalam dunia pendidikan di Indonesia, yaitu 2 Mei 1889.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme bagi seluruh insan pendidikan. Salah satu upaya untuk memperingati momentum ini adalah dengan melaksanakan Upacara Bendera untuk mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam menegakkan pondasi pendidikan di Indonesia.

Dalam mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia, Lapas Kelas IIA Pancur Batu juga turut memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan melaksanakan Upacara Bendera di lapangan Lapas Kelas IIA Pancur Batu, Jumat, (13/5).

Kepala Lapas Kelas IIA Pancur Batu, Haposan Silalahi bertindak sebagai pembina upacara. Dalam amanatnya, Kalapas juga turut membacakan Pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset ,dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim.

“Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan,” ujar Kalapas menirukan pidato dari Mendikbudristek.

Dijelaskannya, Upacara ini dilakukan sebagai tanda bahwa pihak Lapas Kelas IIA Pancur Batu turut mendukung pendidikan di Indonesia. “Karena anak-anak yang sedang mengenyam pendidikan saat ini merupakan masa depan Indonesia, masa depan kita semua. Untuk itu, kita harus mendukung agar anak-anak Indonesia mendapatkan pendidikan yang layak, untuk Indonesia yang semakin baik,” sebutnya.

Pelaksanaan upacara peringatan Hardiknas ini diikuti oleh seluruh pegawai Lapas Kelas IIA Pancur Batu dan dilaksanakan serentak oleh seluruh pegawai Kemeterian Hukum dan HAM seluruh Indonesia.(TG)