Pengadilan Tinggi Medan Tetapkan Ahli Waris Alm. H. Muhammad Yahya Lubis

Senin, 23 Januari 2023 | 23:38 WIB

Medan, MPOL-Pengadilan Tinggi di Medan menetapkan para ahli waris Alm. Yahya Lubis, sebagaimana yang diterakan dalam putusan No. No. 194/PDT/2017/PT.MDN, sebelumnnya perkara No 04/PDT.G/2014/PN.SIM. .Hal tersebut disampaikan oleh Isma Reflina Lubis kepada wartawan saat ditemui di halaman Pengadilan Tinggi Medan Jl. Jl. Ngumban Surbakti No.38A, Senin siang(23/1).
Dalam keterangannya kepada para wartawan, Isma Reflina Lubis yang merupakan waris Alm. Muhammad Yahya Lubis dan Alm. Khadijah Rangkuti dari anaknya, yang bernama Alm. Mahmudin Lubis dengan istri Syamsidar Caniago.
Dalam putusan yang telah punya kekuatan hukum tetap itu sebut Reflina, majelis hakim menetapkan jika seluruh anak dari Alm. Muhammad Yahya Lubis sebanyak 8 orang seluruhnya adalah merupakan ahli waris( termasuk ayah Reflina, Alm. Mahmudin Lubis, red).
Ditambahkan Isma, Pengadilan Tinggi di Medan selain menetapkan seluruh anak-anak Alm. Muhammad Yahya Lubis sebagai pewaris. Juga ditetapkan jika tanah seluas kurang lebih 784 M2 yang diatasnya berdiri beberapa bangunan rumah tinggal di Jl. Mesjid No. 43 Dolok Batunanggar Serbelawan Kab. Simalungun juga merupakan milik Alm. Muhammad Yahya Lubis dan istrinya Alm. Khadijah Rangkuti. Jadi karena belum diselesaikan hukum warisnya, maka tanah beralamat tersebut diatas juga merupakan warisan bagi 8 orang anak-anak almarhum Muhammad Yahya Lubis.
Karena itulah sebab Isma pihaknya telah menyurati BPN Simalungun, agar tidak menerbitkan proses pengurusan sertifikat hak kepemilikan atas tanah beralaman di Jl. Mesjid No. 43 Kec. Dolok Batu Nanggar Kab. Simalungun, dengan batas sebelah utara berbatas dengan gang, sebelah timur berbatas dengan persil 201, sebelah selatas berbatas dengan jalan dan sebelah barat berbatas dengan persil 203, sebelum diselesaikan masalah hukum warisnya.
“Kita atas nama seluruh ahli waris Alm. Muhammad Yahya Lubis dari pihak anaknya yang bernama Alm. Mahmudin Lubis dan istri Syamsidar Caniago, telah menyurati Kantor Badan Pertanahan Simalungun, tanggal 29 Desember 2022 lalu dan kemudian tanggal 29 Januari 2023 lalu. Guna memenuhi ketentuan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri ATR BPN No. 13 Tahun 2017, Tentang TATA CARA BLOKIR DAN SITA”, ujar Isma Reflina Lubis.
“Kami berharap hasil putusan Pengadilan Tinggi di Medan yang sudah punya putusan hukum tetap itu menjadi keputusan yang dapat ditaati dan dipatuhi bersama oleh seluruh ahli waris Alm. Muhammad Yahya Lubis”, sebut Isma Reflina Lubis. (alf).

 

Ahli waris Alm. H. Muhammad Yahya Lubis dari anaknya Alm. Mahmudin Lubis menyurati BPN Simalungun tentang status tanah di Jl. Mesjid No. 43 Dolok Batunanggar Serbelawan Kab. Simalungun yang merupakan warisan keluarga.