Pangkalan TNI-AL TBA dan Polres Tanjungbalai Gagalkan Keberangkatan PMI

Rabu, 2 Maret 2022 | 13:02 WIB

 

Tanjung Balai, MPOL: Pangkalan TNI-AL Tanjung Balai Asahan menggerebek gudang diduga penampungan PMI ilegal yang akan berangkat ke Malaysia. Gudang tersebut berada di Esdengki Kel. Matahalasan Kec. Tanjungbalai.

75 orang PMI yang ditemukan digudang tersebut terdiri dari 47 laki- laki dan 28 orang perempuan. Mereka berasal  dari berbagai daerah.

Danlanal TBA Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang yang memimpin langsung penggerebekan mengatakan, berdasarkan informasi dari masyarakat, bahwa ada penampungan PMI ilegal yang dibacking_ (korlap) yang mengaku sebagai anggota TNI AL. Maka, Danlanal TBA langsung melakukan penggerebekan didampingi Dandenpomal Lanal TBA Kapten Laut (PM) Zailani. Pauridik Letda Laut (PM) Fery Sirait.

Danlanal TBA menghubungi pihak Polres Tanjungbalai guna penyelidikan PMI ilegal tersebut. Sesampainya di Polres Tanjungbalai 04.30 wib. Diadakan pemeriksaan oleh Tim dari polres, Tidak ada ditemukannya, personil TNI AL dalam pemberangkatan PMI ilegal.

Sesuai Perintah Bapak Kasal Laksamana Yudo Margono bahwa Seluruh Personil TNI-AL   *TIDAK TERLIBAT SAYA ULANGI TIDAK TERLIBAT* dalam kegiatan/penampungan/pengiriman *PMI ATAUPUN KEGIATAN ILLEGAL LAINNYA* , apabila ada yang terlibat dan dalam pemeriksaan terbukti, dinas akan menindak sesuai hukum.

Sementara Kapolres Tanjungbalai AKBP.Triyadi mengatakan sejumlah PMI ini akan dipindahkan ke Disnaker.

Setelah dilakukan pengeledahan kita akan kembalikan ketempat asal mereka.***