Munas APHKI Berakhir: Prof Dr. OK. Saidin, SH, M.Hum Kembali Terpilih Jadi Ketua Periode 2020-2023

Rabu, 23 September 2020 | 00:12 WIB

Solo, MPOL : Prof Dr. OK. Saidin, SH, M.Hum kembali terpilih menjadi Ketua Assosiasi Pengajar Hukum Hak Kekayaan Intelektual Indonesia (APHKI) periode 2020-2023, setelah sebelumnya memimpin periode 2017-2020. Ia terpilih melalui pemungutan suara dalam kongres atau rapat tiga tahunan yang berlangsung dengan tuan rumah Program Studi8 Doktor Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret, Solo, Selasa (22/9/2020).

Prof. Dr. H. OK. Saidin, SH, M.Hum

Seperti diberitakan sebelumnya, kongres ini didahului dengan penyelenggaraan Webinar dengan thema “Mendorong Kreatifitas Bangsa di Era Merdeka Belajar Melalui Pembelajaran HKI”. Prof Dr OK Saidin menginformasikan, Selasa malam, semua rangkaian acara rapat tiga tahunan tersebut telah rampung dengan baik dan lancar.

Dituturkan, setelah usai pada pagi hingga siang harinya menyelenggarakan Werbinar, tepat pada Pukul 16.05.WIB, pimpinan sidang Pleno Rapat Anggota APHKI Dr. Djamal mengumumkan hasil perhitungan suara yang dikumpulkan melalui google forms. Hasilnya Prof. Dr.OK.Saidin, SH.M.Hum, mengungguli perolehan suara bersama lima orang lainnya yang juga ikut memperoleh suara untuk menduduki jabatan Ketua Umum APHKI Periode 2020-2023.

Pemilihan Ketua Umum APHKI, yang dilakukan dalam Musyawarah Nasional atau Rapat Tahunan Anggota APHKI yang diselenggaran di Universitas Sebeles Maret tahun ini, berbeda dengan Munas-Munas sebelumnya. Jika pada Munas sebelumnya pemilihan dilakukan dengan luring atau tatap muka, maka pada pemilihan kali ini dilakukan dengan cara daring. Tentu saja sistem pemungutan suara tidak dilakukan seperti biasanya. Jika dalam keadaan “normal” para calon diusulkan terlebih dahulu dalam rapat, kemudian baru dipilih.  Kali ini pengurus sepakat semua orang yang mempunyai hak pilih dan hak untuk dipilih, bebas meberikan suaranya kepada siapa yang ia kehendaki menjadi calon Ketua Umum. Betul-betul bebas dan demokratis.

Bahkan Sang calon pada awalnya tidak mengetahui, kalau-kalau yang bersangkutan ikut diunggulkan oleh para anggota untuk  menduduki jabatan Ketua Umum. Syaratnya satu orang pemilih hanya boleh memilih satu orang calon. Hasilnya diperoleh 5 (lima) orang yang memperoleh suara tertinggi mengungguli calon-calon lainnya. Ke 5 (lima) orang itu adalah :

  1. Prof.Dr.OK.Saidin, SH.M.Hum (Universitas Sumatera Utara)
  2. Dr.Jamal, SH.M.Hum (Universitas Katolik Parahiyangan)
  3. Prof.Dr.Agus Sardjono, SH.MH (Universitas Indonesia)
  4. Dr.C.Kastowo (Universitas Atmajaya), dan
  5. Muhammad Lalu Hayyan Ul Haq (Universitas Mataram).

Dari kelima suara tertinggi tersebut, Prof.Dr.OK.Saidin, SH.M.Hum, memperoleh suara terbanyak mengungguli yang lainnya. Akhirnya Rapat Pleno Anggota APHKI memutuskan untuk menetapkan Prof.Dr.OK.Saidin, SH.M.Hum, sebagai Ketua Umum APHKI Periode 2020-2023.

Sesaat setelah pimpinan sidang mengumkan hasil perolehan suara, Prof.OK.Saidin, SH.M.Hum, dalam pidatonya menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota yang telah memberi kepercayaan dan amanah untuk memimpin APHKI untuk kedua kalinya, seraya meminta kepada 4 (empat) nama lainnya untuk membantu beliau dalam menyusun komposisi Kepengurusan  APHKI Periode 2020-2023.

Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada para Pengurus, sebelumnya Dr.C.Kastowo,SH.M.Hum., Dr.Djamal, SH.M.Hum,  Prof. Dr.Wahyu Sasongko,SH.M.Hum., Prof. Dr.Kurniawan,SH.M.Hum., Dr.Kheizerina Devi Azwar, SH.MKn., Dina Widyaputri Kariodimejo,SH,LL.M,Ph.D.  Dr.Mas Rahmah,SH.MH,LL.M.. Dr. Yuliati,SH.LL.M dan Dr.Hasbir Pasarange, SH.M.Hum.

Ucapan terima kasih juga beliau sampaikan kepada Pembina dan Pengawas Periode sebelumnya Prof.Agus Sardjono,SH,MH. Prof.Adi Sulistyono, SH,MH.Prof.Dr.Rahmi Jened, SH.MH. Hayyan Ul Haq, SH,LL.M, PhD., Prof. Dr. Muhammad Hawin, SH,LLM, Dr.Agung Sujatmiko, SH,M.Hum dan Dr.Henry Sulistyo Budi,SH.LL.M.

Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya juga beliau sampaikan kepada Ibu Prof.Dr.I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, SH.MM, Dekan Fakuktas Hukum Universitas Sebelas Maret yang telah bersedia menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Webinar dan Munas ini.

Ucapan terima kasih yang sama juga beliau sampaikan kepada seluruh Panitia, yang tergabung dalam Organizing Committee yang diketuai oleh Dr.Prasetyo Hadi Purwandoko,SH,MS., Wakil Ketua Dr.Kholil Munawwar,SH,M,.Hum., dan sekretaris Dr. Dona Budi Kharisma,SH.MH,  serta seluruh unsur panitia; Kukuh Tejomurti, SH.LLM. dan Ibu.Umi Khaerah Pati, SH.MH.

Selain itu dalam kesempatan itu juga salah seorang Pengurus APHKI Periode 2017-2020, Dina Karyo Dimejo, SH.LL.M,Ph.D, turut mengibahkan lagu ciptaannya kepada APHKI sebagai Hymne APHKI yang diperdengarkan sesaat sebelum penutupan Sidang Pleno Anggota.

Lagu ini sangat syahdu dan benar-benar menginspirasi dan tentunya hymne ini akan menjadi  karya monumental dan kenangan indah bagi anggota APHKI kelak pada waktunya. Kenangan  dan irama yang dapat menjadi  pengikat tali persaudaraan antara sesama anggota APHKI.

Akhirnya semua peserta Munas menaruh harapan agar APHKI semakin jaya ke depan. **