Meski Over Kapasitas, Kadivpas Kemenkumhan Sumut Apresiasi Rutan Kelas I Labuhan Deli dan WBP

Rabu, 31 Maret 2021 | 19:47 WIB
Labuhan, MPOL : Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Sumatra Utara, Anak Agung Gde Krisna, meminta tetap jaga integritas, jaga komunikasi yang baik kepada warga binaan dan banyak berdoa karena di dalam ada 1.700 orang WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan), karena kondisi seperti itu sangat luar biasa.
Pesan khusus ini disampaikannya dalam kunjungannya ke Rutan Kelas I Labuhan Deli, Rabu siang (31/3/2021) pukul 13.00 WIB.
Dalam wawancara kepada wartawan Medan Pos Online, Kadivpas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Sumatra Utara yang baru menjabat tersebut mengatakan memang mengagendakan untuk melihat langsung seluruh UPT (Unit Pelaksana Teknis) pemasyarakatan di Sumut terutama yang kita monitor potensi resikonya paling besar salah satunya Rutan Kelas I Labuhan Deli.
Ucapnya lebih lanjut, dia sudah melihat langsung bagaimana petugas di dalam dengan warga binaan yang over kapasitas yang luar biasa, tadi saya juga melakukan komunikasi kepada saudara-saudara kita warga binaan, saya kaget karena mereka mengaku bisa menerima kondisi ini, padahal malah kita yang melihat keadaan itu sangat prihatin.
“Buktinya para saudara kita WBP di dalam bisa menjaga keamanan dan ketertiban didalam rutan padahal mereka itu dalam satu kamar dihuni sebanyak 90 orang,  itulah yang membuat saya bangga,” ungkap Kadivpas Sumut tersebut.
Tambahnya, kepada  petugas ia juga memberikan apresiasi untuk tetap memberikan layanan  secara maksimal di tengah keterbatasan dan tetap menjaga dan memantau keamanan  di dalam rutan dengan jumlah yang sangat tak berimbang tersebut.
“Kami tetap mengharapkan dukungan dari pemerintah, masyarakat, keluarga WBP serta rekan-rekan media untuk mendukung program kita yaitu peningkatan pelayanan publik,” pungkasnya.
Terpisah, Karutan Labuhan Deli Nimrot Sihotang mengatakan sangat berterima kasih atas kunjungan Kadivpas Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatra Utara  “Tadi Pak Kadivpas melakukan kontrol dan monitoring serta memberikan penguatan zona integeritas menuju rutan Labuhan Deli wilayah  bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani,” ucapnya.
Sambungnya, Kadivpas juga berdialog langsung kepada warga binaan didalam blok hunian. Ia menyampaikan apresiasi dengan kondisi rutan labuhan deli yang sangat sempit dihuni 1700 orang WBP.
“Pak Kadivpas juga tadi menyarankan supaya mencoba berkomunikasi dengan pemerintah daerah untuk merelokasi rutan Labuhan Deli karena para saudara kita warga binaan yang berada didalam adalah warga Sumut, untuk itu ke depan kami akan mencoba berdialog dengan Pemerintah Kota Medan dan Deliserdang,” ungkapnya. **