Diduga Lakukan Pungutan Liar

LSM Penjara Laporkan 4 Kades dan Mantan Kades Medan Estate ke Kejatisu

Rabu, 20 Januari 2021 | 21:22 WIB

Medan, MPOL : DPD LSM Penjara-PN Kabupaten Deliserdang melaporkan 4 mantan dan Kepala Desa Medan Estate kecamatan Percut Sei Tuan ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu), Rabu (20/1/2021).

Ketua DPD LSM Penjara-PN Deliserdang Ahmad Khomaini kepada wartawan, Rabu, mengatakan baru saja melaporkan 4 pejabat kepala desa di Medan Estate ke kejatisu.

Ke empatnya adalah mantan kepala desa Medan estate dan tiga lainnya adalah Plt. Kades Medan Estate yang sedang menjabat saat ini.

Laporan ini terkait tindakan pungutan liar yang terjadi di desa Medan Estate. Pungutan liar ini ditengarai berkedok uang kebersihan, tapi jumlah pembayarannya tidak sesuai ketentuan yang berlaku dan luarbiasa besarnya.

Praktik pengutipan ini sudah berjalan sejak tahun 2003 sampai saat ini terus berlangsung, pungutan ini tidak sesuai dengan peraturan bupati no. 2 tahun 2012 tentang retribusi jasa umum.

Kades diduga melakukan pungutan liar kepada seluruh Ruko yang ada di desa Medan Estate dengan jumlah 30.000 per bulan untuk setiap ruko.

Sedangkan jumlah ruko di wilayah Medan Estate  hampir mencapai 2000 ruko tentu pungutannya hampir mencapai 12 M jika dikalikan selama 17 Tahun berjalan.

Pengutipan ini juga tersistematis dengan membentuk bendahara khusus diluar bendahara desa.

DPD LSM Penjara-PN Deliserdang akan mengawal laporan ini sampai tuntas, kita tidak mau praktik-praktik korup yang bertujuan untuk memperkaya diri terjadi di Indonesia terkhusus di Deliserdang. (bp)