Klenteng Dirusak Warga, Laporan Sun Lie di Polsek Delitua “Jalan Ditempat”

Kamis, 14 Oktober 2021 | 22:11 WIB

Medan,MPOL: Sun Lie (61), meradang. Pasalnya, laporan pengaduannya di Polsek Delitua No: LP/B/724/X/2021/SPKT/Polsek Delitua/Polrestabes Medan tanggal 6 Oktober 2021 belum ada perkembangan.

Laporan polisi itu diterima Ka SPKT Aiptu Armada Sembiring dengan menerapkan UU nomor 1 tahun 1946 tentang KUHP Pasal 406 KUHPidana, ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Sun Lie warga Jl.Berlian Sari Lk.IV, Kel Kedai Durioan, Kec Medan Johor itu mengadukan Roni dkk karena telah merusak Klenteng Law Sin Se di Jl.Stasiun Dudun XXII, Kel Kedai Durian, Kec Delitua, Kab Deli Serdang. Pengrusakan yang mengakibatkan kerugian materil Rp.10 juta itu terjadi pada  5 Oktober 2021 lalu.

Selain merusak pagar, terlapor juga memasang tembok sehingga korban dan keluarganya serta warga yang hendak melakukan sembahyang menjadi terganggu.

Sun Lie kepada wartawan mengaku, kasus pengrusakan klenteng Law Sin Se sudah disampaikan kepada Ketua Walubi Medan. Dia berharap ikut membantu menyelesaikan masalah tersebut.

“Saya sudah melaporkan kasus ini ke Polsek Delitua namun sampai saat ini belum ada perkembangan, maka itu saya sudah sampaikan permasalahan ini kepada Ketua Walubi. Sebab, kami dan warga yang hendak sembahyang menjadi terganggu akibat pemasangan tembok dipintu samping klenteng,” katanya.

Sun Lie tidak mengetahui motivasi Roni dkk merusak tembok dan memasang tembok di pintu samping klenteng tersebut. “Saya menduga, mereka mau merebut tanah milik klenteng itu. Secara historis, klenteng itu sudah berdiri puluhan tahun lengkap dengan akte. Klenteng ini punya sejarah dan sudah berdiri puluhan tahun. Kalau mereka mengklaim tanah klenteng ini milik mereka, sangat tidak masuk akal karena klenteng ini berdiri jauh sebelum ada rumah disampingnya,” jelas Sun Lie.

Dia berharap, agar permasalahan ini tidak sampai melebar, agar laporan pengaduannya di Polsek Delitua segera diproses. “Kami sudah memberikan alas hak kepemilikan lahan klenteng Law Sin Se ke Polsek Delitua. Kami berharap para terlapor segera dipanggil,” harapnya.

Sementara itu, Kapolsek Delitua AKP Zulkifli Harahap dan Kanit Reskrim Iptu Martua Manik yang dikonfirmasi ke kantornya, tidak berada ditempat.

Demikian juga, Kanit Reskrim Iptu Martua Manik saat dikonfirmasi melalui hanphone tidak mengangkat HP dan dikonfirmasi melalui WhatsApp (WA) tidak dibalas.

“Kapolsek sedang di Polrestabes Medan mengikuti wasrik dari Mabes Polri. Sementara Kanit Reskrim Iptu Martua Manik mungkin di Polsek Tuntungan karena dia menjabat Kapolsek Tuntungan, saat ini sedang melakukan vaksinasi,” kata Wakapolsek Delitua Iptu Dwi di Mapolsek Delitua.***