Sempat Buron Satu Tahun

Kejatisu Tangkap Tersangka Korupsi Dana Pemdes Bapemas Sumut Rp41 Miliar

Jumat, 31 Januari 2020 | 00:43 WIB

Medanposonline.com – Tim Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) menangkap Taufik HM, tersangka (Tsk) kasus korupsi penyalahgunaan Dana Dekonsentrasi Pemdes pada Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Sumut, di Jl Petojo, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Kasipenkum Kejatisu Sumanggar Siagian kepada wartawan, Kamis (30/1) menjelaskan tersangka Taufik ditangkap sekira pukul 12.15, kemudian diterbangkan dari Jakarta ke Bandara KNIA pada Rabu malam. Selanjutnya dibawa ke Gedung Kejatisu Jl Abdul Haris Nasution Medan.

Sumanggar menjelaskan, tersangka Taufik merupakan Direktur Mitra Multi Communication  yang berkantor Jl Gagak, Kalideres, Kota Jakarta Barat. “Tersangka sempat buron, sejak 2019. Ia kemudian berhasil ditangkap di kawasan Jl Petojo, Jakarta Pusat,” kata Sumanggar.

Dijelaskannya, Taufik salah satu rekanan yang terlibat dalam kegiatan Pelatihan Pengembangan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Tahun 2015 melakukan markup anggaran, sehingga mengakibatkan kerugian keuangan negara sebesar Rp715.520.000.

“Tahun 2015 Kantor Bapemas dan Pemdes Sumut melaksanakan kegiatan itu, dengan peserta dari 25 kabupaten/kota di Sumut dengan pagu anggaran Rp41.809.700.000 dan PT Mitra Multi Comunication selaku salah satu Rekanan Pelaksana melakukan markup Paket Zona 3,” ujar Sumanggar.

Taufik melakukan markup pada Paket III meliputi Kisaran (Asahan), Rantaupapat (Labuhanbatu), Panyabungan (Mandailing Natal), Kota Padangsidimpuan, Tapanuli Selatan, Labuhanbatu Selatan, Padanglawas, Labuhanbatu Utara dan Padanglawas Utara.

“Perbuatan tersangka melanggar PP No 70 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden No 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa,” katanya.

Tersangka Taufik merupakan tersangka terakhir kasus korupsi Bapemas Sumut. Sebelum ditangkap sempat buron ke kampung halamannya di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Selama pelarian THM kerap berpindah tempat.

“Dia ini tersangka yang terakhir. Secepatnya akan kita lengkapi berkasnya. Sedangkan untuk tersangka lain itu sudah disidangkan dan sudah berkekuatan hukum tetap,” imbuhnya.

Tersangka Taufik tiba di Gedung Kejatisu sekira pukul 23.15 dengan pengawalan ketat  petugas Kejatisu, ia lalu dibawa ke ruangan untuk melengkapi proses administrasi. Selang 30 menit, tersangka keluar dan langsung dibawa ke mobil tahanan menuju Rutan Tanjung Gusta. (Pung)