Kejari Tebing Tinggi Tahan Tersangka Pengadaan Buku Fiktif

Kamis, 15 Oktober 2020 | 18:44 WIB
TebingTinggi, MPOL : Kejaksaan Negeri (Kejari) Tebingtinggi akhirnya menahan satu dari tiga tersangka kasus pengadaan buku fiktif di Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tebingtinggi. Tersangka ‘EE’ mantan Manager BOS  Disdik itu saat ini ditahan di Lapas Perempuan Klas IIB Tebingtinggi.
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tebingtinggi melalui Kasi Intel Ranu didampingi Kasi Pidsus Chandra kepada wartawan, Kamis Sore (15/10/2020) membenarkan pihaknya telah melakukan penahanan terhadap tersangka ‘EE’ Rabu (14/10/2020) usai menjalani pemeriksaan sekitar pukul 17.00 Wib.
“Benar kita ada melakukan penahanan terhadap seorang tersangka dugaan korupsi pegadaan buku, yang bulan September lalu sempat kita tetapkan 3 orang tersangka dalam kasus ini,” kata Ranu.
Ranu menjelaskan, terhadap para tersangka sempat tidak dilakukan penahanan karena mereka koperatif dan berjanji akan mengembalikan kerugian negara. Kemudian terhadap tersangka ‘EE’ ini saat pemeriksaan sebagai tersangka dia sangat tidak koperatif.
“Yang bersangkutan memberikan keterangan berbelit-belit, kemudian sangat mempersulit tim penyidik untuk mengupas tuntas permasalahan ini dan mendapatkan bukti-bukti lain sangat susah. Kita khawatir dia akan mempengaruhi saksi lain dan menghilangkan barang bukti serta khawatir dia melarikan diri maka kita lakukan penahanan,” kata Ranu.
Sejauh ini lanjut Kasi Intel, hasil pemeriksaan terhadap para tersangka sudah hampir rampung tinggal menunggu hasil audit BPKP. Tim penyidik sudah siap untuk menyelesaikan berkas perkaranya. Untuk lerugian negara sendiri, saat uni sudah dikembalikan oleh tersangka ‘PS’ sebesar Rp. 1,6 Miliyar dan sisanya Rp. 800 juta akan dikembalikan tersangka di pengadilan.
“Sementara itu untuk dua tersangka lain yakni ‘PS’ dan ‘MP’ tidak kita lakukan penahanan karena mereka berdua hingga saat ini masih koperatif,” tutup Ranu. **
Note :