Kedepankan Restorative Justice, Polrestabes Medan Serahkan Pecandu Narkoba ke Panti Rehab

Sabtu, 14 Mei 2022 | 17:38 WIB

Medan, MPOL : Polrestabes Medan mengedepankan restorative justice  dalam penanganan kasus pecandu narkoba. Sebelumnya, Unit 1 Satres Narkoba Polrestabes Medan menangkap seorang pria dalam penyergapan di sebuah rumah di Jl. Wahid Hasyim No. 131, Kel. Sei Sikambing, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Senin (9/5/2022) sekira pukul 17.40 WIB.

Dari lokasi, petugas menciduk Mangaratua Saragih (52) berikut mengamankan barang bukti sebuah plastik klip berisi 0,20 gram sabu beserta alat hisap sabu (bong).

Kanit 1 Satres Narkoba Polrestabes Medan, Iptu Wisnugraha Paramaartha kepada medanposonline.com mengatakan, setelah penyidik melakukan proses pemeriksaan, tersangka harus menjalani rehabilitasi. Hal ini dilakukan polisi berdasarkan aturan yang ditetapkan saat ini.

“Tersangka akan dilakukan rehabilitasi. Nah, sebelum direhab, kita lebih dulu mengajukan permohonan kepada tim asesmen terpadu (TAT) BNNP Sumut,” kata Wisnu, Sabtu (14/5/2022).

Kemudian, sambung Wisnu, nantinya tim TAT yang ada di BNNP akan menilai tersangka tersebut apakah akan dilakukan rehabilitasi atau tidak. Jika tim TAT menyatakan harus direhab, maka tersangka akan dibawa ke Lembaga Rehabilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika Bhayangkara Indonesia (LRPPN BI) Jl. Jawa, Medan Helvetia.

“Nantinya tersangka akan direhabilitasi selama satu bulan. Untuk proses perkaranya tetap lanjut sampai ke sidang pengadilan dan JPU yang akan memvonisnya,” pungkasnya. *