Kasus Perampokan di Toko Asia Baru, 2 Eksekutor Bersenpi & Bersajam Terekam CCTV Masih Buron

Rabu, 16 Juni 2021 | 13:22 WIB

Medan, MPOL : Hampir 3 bulan pasca kejadian Toko Asia Baru Jl. Wahidin, Kel. Pandau Hulu II, Kec. Medan Area, dirampok, hingga kini 2 eksekutor dalam perampokan tersebut masih buron.

Dalam aksinya, kedua pelaku berinisial L mengancam dengan menggunakan senjata api (senpi) dan Z mengancam dengan senjata tajam (sajam) jenis celurit.

Kapolsek Medan Area, Kompol Faidir Chaniago ketika dikonfirmasi, Rabu (16/6/2021) membenarkan kedua eksekutor tersebut masih buron.

“Kedua pelaku L dan Z masih dalam pengejaran,” katanya.

Faidir mengatakan, dalam kasus tersebut pihaknya baru mengamankan 2 dari 6 tersangka yang terlibat dalam perampokan berencana itu. Kedua tersangka yang ditangkap adalah Herman Sitompul alias Uda (46) warga Jl. Saentis, Kec. Percut Sei Tuan dan Deni Hanafi Sirait alias Deni (40) warga Jl. Labuhan Bilik, Kec. Sei Berombang, Kec. Labuhan Batu.

“Kalau tersangka Uda sebagai perencana dan menyusun strategi dan meminjamkan sepeda motornya. Sebelum berangkat (beraksi) di rumahnyalah direncanakan dan setelah selesai (berhasil merampok) dia dapat bagian Rp. 4 juta,” katanya.

“Untuk tersangka Deni eksekusi di lapangan, 6 orang dengan 3 sepeda motor berboncengan. Peran tersangka setelah sampai di TKP mematikan listrik dan mengancam korban supaya diam sambil mengatakan ‘mana uangnya lagi’. Tersangka mendapat bagian Rp. 9 juta dari hasil rampokan itu,” jelasnya.

Ia mengatakan, tersangka Herman Sitompul ditangkap di rumahnya, Jumat (4/6/2021) sekira pukul 17.00 WIB. Dari tersangka diamankan barang bukti sepeda motor Suzuki Shogun warna hitam tanpa plat. Sedangkan tersangka Hanafi Sirait ditangkap petugas saat melintas di kawasan Sei Berombang, Labuhan Batu, Sabtu (5/6/2021).

Masih dikatakan Faidir, selain memburu tersangka L dan Z, pihaknya juga masih mencari keberadaan kedua tersangka lainnya yang ikut terlibat, mereka yakni D dan F.

Sebelumnya, kawanan perampok menggunakan senpi dan sajam serta memakasi sebo (penutup wajah) berhasil melarikan uang Rp. 90 juta yang diletakkan di bawah meja kasir di Toko Asia Baru Jl. Wahidin, Kel. Pandau Hulu II, Kec. Medan Area. Peristiwa itu terjadi pada 25 Maret 2020 lalu sekira pukul 16.30 WIB.

“Kawanan perampok berjumlah 6 orang mengendarai tiga sepeda motor tanpa plat. Mereka masuk lalu menodongkan senjata mirip senjata api ke leher pemilik Toko Asia Baru, Mega Chandara (28) dan mengancam pakai celurit kepada 3 karyawannya. Kemudian, para pelaku merampas uang Rp. 90 juta hasil penjualan yang diletakkan di bawah meja kasir,” kata Faidir Chan, Selasa (15/6/2021).

Faidir menjelaskan, saat itu toko masih buka dan situasi agak sepi, tiba-tiba kawanan perampok mengenakan helm tertutup menyosor masuk ke dalam toko grosir tersebut, dimana posisi korban kala itu sedang duduk di meja kasir. Dengan gerak cepat, para pelaku menodongkan senjata berbentuk senpi ke leher korban.

Atas kejadian itu, korban Mega Chandara membuat loporan pengaduan ke Polsek Medan Area dengan bukti laporan LP/212/ K / III/ 2021/ SPKT/ Medan Area. *