Hari Pertama Operasi Yustisi, Puluhan Warga Terjaring Razia Masker

Senin, 14 September 2020 | 23:19 WIB

Pakpak Bharat, MPOL : Kegiatan Operasi Yustisi hari pertama telah dilakukan dalam rangka mendorong kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan di tengah mewabahnya Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Pakpak Bharat.

Seperti yang terlihat, tim gabungan dari TNI dan Polri, Satpol PP, BPBD Pakpak Bharat, menggelar operasi dengan razia masker tepatnya di Jalan Provinsi, persis di Kasean Mpu Bada ataupun eks pajak lama, Senin (14/9/2020).

Operasi itu dipimpin langsung Kapolres AKBP Alamsyah P Hasibuan, SIK dan puluhan warga terjaring tidak memakai masker. Warga yang terjaring tidak memakai masker diberikan sanksi dengan mengutip sampah persis dilokasi kegiatan razia seputaran pajak lama Salak.

Kapolres AKBP Alamsyah P. Hasibuan menyampaikan, hari pertama razia Yustisi penegakan disiplin, dalam hal protokol kesehatan. Sebanyak 40 warga telah terjaring namun dominan masyarakat masih mengenakan masker.

“Artinya masyarakat Pakpak Bharat masih banyak taat protokol kesehatan. Kami berpesan kepada masyarakat agar terus memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan, agar Pakpak Bharat terhindar dari penyebaran Covid-19,” katanya.

Ia menegaskan, operasi ini merupakan tindaklanjut dari Peraturan Bupati yang terbit pada Agustus 2020 guna menekan penyebaran Covid-19 di Pakpak Bharat. “Ini akan kita tindaklanjuti untuk menekan perkembangan ataupun penyebaran covid-19 di Pakpak Bharat ini,” kata Kapolres.

Bagi masyarakat tidak memakai masker kata Kapolres sepakat diawali sebagai bentuk sosialisasi, pihaknya mengutamakan sanksi sosial. Namun kedepan kata Kapolres, dengan tempo waktu yang tertentu pihaknya akan menggunakan sanksi denda sesuai dengan Perbup Rp 100 ribu bagi warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan tidak memakai masker. **