FSPMB Palas Tuntut Jaksa dan Hakim Bebaskan Aktivis Buruh Maulana Safi’i

Jumat, 17 September 2021 | 10:56 WIB

Palas,MPOL:Forum Solidaritas Peduli Mahasiswa Buruh( FSPMB )  kamis 16/09 berunjuk rasa di dua intansi penegak hukum Kabupaten Padang Lawas yakni Kejaksaan dan Pengadilan.

        Aksi Mahasiswa ini menuntut Kejaksaan Negeri Padang Lawas mengehentikan proses hukum aktivis buruh dari FSPMI atas nama Maulana Safii yang dinilai pengunjuk rasa di kriminalisasi. Aksi Mahasiswa dari FSPMB  di depan Kejaksaan itu diterima oleh Kasi Intel Kejari Padang Lawas Muhardani Budi Septian SH .

       Isron Hasibuan selaku kordinator aksi dalam orasinya selain meminta penghentian proses hukum terhadap Maulana Safii, mereka juga meminta Kejaksaan membebaskan Maulana Syafi’i dari segala bentuk dakwaan yang dibuat oleh Kejaksaan Negeri Padang Lawas yang mereka nilai sarat dengan kepentingan.

       Menjawab tuntutan Mahasiswa, Kasi Intel Kejari Padang Lawas mengatakan pihaknya akan Mempelajari dan memproses tuntutan dari Solidaritas FSPMI Palas Sesuai Peraturan Undang-undang yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

        Selain berunjuk rasa di Kantor Kejaksaan, FSPMI juga berunjuk rasa di Kantor Pengadilan Negeri Padang Lawas. Di depan kantor Pengadilan, pengunjuk rasa meminta kepada Majelis Hakim PN Sibuhuan agar bersikap adil dan menegakkan kebenaran dalam mengadili perkara dugaan kriminalisasi aktifis buruh FSPMI Palas atas nama Maulana Syafi’i.

       Selain itu, FSPMI mengaku mendukung Jajaran PN Sibuhuan untuk bertekad menegakkan Rasa Keadilan Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa dalam Mengadili Perkara Dugaan Kriminalisasi Aktifis Buruh FSPMI Padang Lawas atas nama Maulana Syafi’i dengan Memberikan Vonis bebas.

        Menanggapi tuntutan pengunjuk rasa, melalui Humas PN Padang Lawas Zaldy Dharnawan Putra mengatakan pihaknya juga menerima aspirasi ini dan meminta agar semua menunggu proses persidangan selesai serta menghormati persidangan sesuai kositusi.

       Aksi unjuk rasa ini dikawal oleh aparat kepolisian Polres Padang Lawas dari Sat Sabhara dipimpin langsung AKP.M.Husni Yusuf SH dan Satpol PP, aksi ini berakhir tertib .**