Empat Hari Penyekatan di Pakpak Bharat Sejumlah Kendaraan Putar Balik

Selasa, 11 Mei 2021 | 00:27 WIB

Pakpak Bharat, MPOL: Jajaran Polres Pakpak Bharat dan instansi terkait terus melakukan penyekatan arus mudik di beberapa Posko Perbatasan Wilayah Pakpak Bharat, Senin (10/5/2021).

Dalam Operasi Ketupat Toba 2021 ini, petugas telah memeriksa ribuan kendaraan bermotor, dimana beberapa diantaranya terpaksa putar arah dan kembali ke daerah asal karena tidak dilengkapi dengan dokumen perjalanan resmi sesuai Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dalam Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19.

Tepat diperbatasan Dairi-Pakpak Bharat Posko Desa Kuta Dame, Kecamatan Kerajaan, AKP. Japaris Perangin-angin, Kapolsek Kerajaan selaku Perwira Pengendali dari Polres Pakpak Bharat bersama Bambang Sunarjo Banurea, selaku penanggung jawab, monitoring dan pengawasan keaktifan  ASN yang bertugas di Posko  sejauh ini belum mendapati kendala-kendala dan kesulitan lain dalam pelaksanaan tugas penyekatan.

Rata-rata warga dan pengguna jalan yang melintas bisa bekerja sama dan kooperatif dengan para petugas. Memang ada beberapa kendaran yang terpaksa kami arahkan untuk putar arah karena tidak dilengkapi dengan dokumen resmi dari daerah asal. Kita berharap kedepan selama operasi ini berlangsung sampai 17 Mei mendatang tidak ada kendala maupun kejadian lain yang tidak kita harapkan. Ini semua kami lakukan demi keselamatan bersama mengingat pandemi covid 19 masih melanda, terang Japaris

Dalam hal ini, seluruh personil diarahkan untuk mengikuti apel pagi serta melakukan evaluasi terkait pelaksanaan tugas bagi seluruh personil dan mengingatkan seluruh personil untuk mengedepankan pendekatan humanis dalam melaksanakan tugas mereka.

Selain mengatur larangan mudik, Pemerintah juga mengatur mereka yang dikecualikan dalam larangan perjalanan diantaranya kendaraan layanan distribusi logistik, pelaku perjalanan dengan keperluan mendesak nonmudik serta beberapa kategori perjalanan lainnya.Diposko penyekatan juga telah disediakan layanan test swab antigen bagi pelaku perjanan apabila diperlukan dalam situasi mendesak dan darurat. **