Dukung Resolusi Permasyarakatan 2020 Kemenkumham, Rutan Labuhan Deli Rubah Lahan Tidur Jadi Lahan Pertanian

Rabu, 25 November 2020 | 15:20 WIB
Labuhan, MPOL: Mendukung Resolusi Pemasyarakatan  2020 Kemenkumham (Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia) yang diantaranya ketahanan pangan, peningkatan Sumber Daya Manusia warga binaan/narapidana dan  Lapas/Rutan diwajibkan bisa berkontribusi dalam hal pemberian PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak).
Maka untuk mendukung resolusi pemasyarakatan tersebut, Rutan Kelas I Labuhan Deli telah mengalakkan program pertanian merubah lahan tidur  menjadi lahan pertanian dengan bercocok tanam jagung dan Ubi Kayu.
Karutan Labuhan Deli, Nimrot Sihotang melalui Kasubsie Bimbingan Kegiatan Kerja Wilson Sibarani, Rabu (25/11/2020)
kepada wartawan mengatakan, mulai tahun 2018 lalu pihak rutan kelas I labuhan deli sudah mulai merintis lahan pertanian dikawasan Marelan dengan luas lahan sekitar 4 hektar dengan sistim sewa lahan, ucapnya.
“Lalu, pada tahun 2019 kita terus berupaya untuk menambah lahan daerah pertanian seperti dikawasan Kualan Namu dan daerah Sentis seluas 4 hektar, namun seiring berjalannya waktu lahan yang akan kita kelolah dikawasan Kualanamu kini sudah diambil kembali oleh pemiliknya (pengembang) hingga saat ini lahan yang kita kelolah ada 8 hektar saja yang terletak di Marelan dan Seintis,” ungkap Wilson.
Tambahnya, setiap bulan kita juga membuat laporan ke kemenkumham melalui dirjen pas dan berdasarkan data tersebut rutan labuhan deli diajukan untuk mendapat bantuan dari kementrian pertanian, ungkapnya.
“Pada tiga minggu yang lalu kita sudah mendapatkan bantuan berupa bibit jagung dan pupuk, namun kendala yang kita hadapi saat ini adalah ketersedian lahan,” ujar Wilson.
Kami mengharapkan kepada pihak pemerintah daerah atau swasta untuk membantu rutan labuhan deli dalam pengadaan lahan untuk bercocok tanam, pada intinya kami akan menyewa lahan tersebut.
“Dana yang kita kelolah untuk sewa lahan adalah dana dari koperasi pegawai, harapan kita dari sinergi ini mudah-mudahan dari kegiatan yang kita lakukan mulai doorsmer, perbengkelan (mengelas), pertanian, ketrampilan merangkai papan bunga dan service ac bisa meningkat demi terciptanya sumber daya manusia bagi warga binaan ini,” pungkasnya.