Disebut Kapolrestabes Medan Terima suap, Kapoldasu : Saya Tidak akan ragu menindak tegas anggota bersalah

Sabtu, 15 Januari 2022 | 11:48 WIB
Medan, MPOL: Kapolda Sumut Irjen Pol.Panca Putra Simajuntak menegaskan tidak akan ragu menindak anggotanya yang melakukan kesalahan.
“Siapapun itu, jika bersalah saya akan tindak tegas,” kata Irjen Panca Putra Simanjuntak menjawab wartawan soal adanya pengakuan seorang anggota Satres Narkoba Polrestabes Medan, Brigadir Ricardo Siahaan dalam persidangan di PN Medan, baru-baru ini.
Dalam persidangan, Ricardo Siahaan mengakui kalau uang suap itu mengalir kepada sejumlah pejabat Polrestabes Medan termasuk Kapolrestabes Medan Kombes Pol Rico Sunarko.
Ricardo Siahaan dalam pengakuannya menyebutkan kalau uang Rp.75 juta yang digunakan Kapolrestabes Medan membeli sepeda motor milik anggota Koramil Percut Sei Tuan yang berhasil mengamankan satu mobil ganja berasal dari bagian suap yang diterima dari Imayanti, istri bandar narkoba Jusuf alias Jus.
Brigadir Ricardo Siahaan bersama sejumlah temannya menjalani persidangan dalam kasus dugaan penggelapan barang bukti dan suap dari Imayanti, istri bandar narkoba Jusuf alias Jus.
Kapolda menegaskan, telah membentuk tim gabungan Propam dan Reskrim untuk mendalami keterangan Ricardo Siahaan yang memberi keterangan di pengadilan.
“Saya sudah bentuk Tim Gabungan Propam dan Reskrim untuk mendalami keterangan sdr Ricardo Siahaan (anggota yang memberi ket di Pengadilan).
Saat ini Tim sedang bekerja dan kita tunggu hasilnya,” jelas Panca.
Mantan penyidik KPK itu menjelaskan, bahwa dalam pemeriksaan di Berkas Perkara baik yang ditangani Propam maupun Dit Reskrimum (yang saat ini sedang berjalan pemeriksaan di PN Medan), yang bersangkutan (Ricardo Siahaan) tidak menjelaskan seperti apa yang disampaikan di sidang PN.
 “Hal ini juga jadi materi pendalaman,” tandasnya.
Dengan adanya pengakuan terdakwa dalam persidangan, lanjut Kapoldasu, dirinya
tidak akan ragu menindak tegas Kapolrestabes Medan Kombes Rico Sunarko apabila terbukti melakukan sebagaimana yang dijelaskan oleh yang bersangkutan.
“Saya tidak akan ragu menindak tegas Kapolrestabes Medan Kombes Rico Sunarko apabila terbukti melakukan sebagaimana yang dijelaskan oleh yang bersangkutan,” pungkasnya.***